Keindahan Situ Wulukut, Ranu Kumbolo nya Kuningan (camping ceria)

31 Desember 2017 - 1 Januari 2018

Situ Wulukut adalah salah satu tempat wisata di Kabupten Kuningan, tepatnya di Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang,  yang merupakan suatu situ atau danau buatan yang dibangun pada masa pemerintahan H. Aang Hamid S tahun 2005, dengan menawarkan keindahan pemandangan yang alami dan asri.






Sebelum menjadi tempat wisata, Situ Wulukut dibuat dengan tujuan menyimpan ketersediaan air di Kabupaten Kuningan..konon menurut pengurus disana kedalaman air hingga 12-13 meter.
Karena keindahan yang disuguhkan, membuat tempat ini perlahan mulai didatangi pengunjung yang gemar menikmati alam.

Saat ini Situ Wulukut masih dalam tahap pengembangan berbagai fasilitas, karena semakin banyaknya orang mengenal tempat ini dari mulut ke mulut dan dengan viralnya di sosmed sebagai Ranu Kumbolo nya Kuningan.

Fasilitas pun dibenahi, sudah tersedianya mushola, toilet, camping ground, gazebo, warung, tempat-tempat selfie dan lainnya menambah daya tarik tersendiri untuk menarik hati pengunjung.

Tiket masuk ke Situ Wulukut yang semula Rp. 5.000,- menjadi Rp. 10.000,- sejak launching tanggal 31 Desember 2017.



Jarak dari pusat kota Kuningan hanya di tempuh dengan waktu 25 menit
Untuk akses ke Situ Wulukut bisa di lalui dengan roda 2 atau pun roda 4.
Menuju ke lokasi tidaklah sulit, jalan sudah beraspal dengan pemandangan sawah dan bukit membuat mata segar sepanjang perjalanan.
Namun ketika akan sampai ke lokasi jalan masih berupa batu-batu yang tertata sepanjang beberapa ratus meter, gampang-gampang susah melewatinya karena jalan agak menanjak...hati-hati di area ini ya gaessss.

Mudah-mudahan kedepannya jalan bisa diperbaiki agar tidak menyulitkan pengunjung.

Jalan menuju Situ Wulukut





Jarak dari rumah penduduk menuju lokasi sekitar 2 km, bawalah perbekalan..karena waktu saya kesana warung sudah tutup menjelang sore.

Baiklah...singkat kata saya dan suami sudah tiga kali kesini.

Kesan pertama...love..love..love banget !! maksud hati ingin ngecamp tapi tidak jadi karena sepi banget, gelap tidak ada penerangan lampu sama sekali ketika malam, hanya ada saya dan suami..kami memutuskan untuk ngecamp ditempat lain..heuheu.
(saran : mudah-mudahan kedepannya ada penerangan, penjaga atau warung 24 jam disana).

Sebenarnya bagi saya dan suami tidak masalah dengan keadaan gelap gulita, tapi masalahnya kami baru pertama kali kesana, benar-benar hanya berdua saja dan tidak ada siapa pun selain kami..argghhhh.



Kesan kedua ?? ya tetap love donk...saya, suami, a Oman dan Zahwa piknik dan mancing dari pagi sampai menjelang magrib di danau, kaga dapet-dapet ikan..bagussssssss....kwkwk.

Saat itu saya dan suami juga berkenalan dengan beberapa pengurus disana bernama Pak Ee dan lainnya, mereka adalah orang yang ramah dan selalu welcome dengan kedatangan kami.



Kesan ketiga ?? love juga ihhhhhh...bertepatan dengan acara launching Situ Wulukut 31 Desember 2017.
Acara peresmian sangat ramai pengunjung, karena dihadiri oleh Bapak Acep Purnama (Bupati Kuningan), dan diramaikan juga dengan acara panggung dangdut...sekkk asekkkkkkk.




Dengan riweuh nya kami menggunakan motor dari Cirebon ke Situ Wulukut dengan perbekalan super buanyakkkk.

Secara yang ikut 22 orang, bisa dibayangkan seperti apa perbekalannya dan super berisiknya 22 orang ini (Saya, Suami, Agus, Opik, Bayhaqi, Rosidin, Ela, Dadung, Leha, Rudy, Arul, Ali, Ilham, Subhi, Epul, Fajar, Ema, Arum, Ochi, Mala, Lutfiatun, Umi).

Keadaan berbanding terbalik dengan kunjungan pertama dan kedua yang sangat nyaman dan tenang karena tidak banyak pengunjung pada saat itu dibandingkan saat peresmian...maklumlah namanya juga lagi acara peresmian.

Namun setelah acara selesai keadaan Situ Wulukut menjadi gelap gulita di malam hari, ada rombongan lain juga yang ngecamp disana, hanya area tenda saja yang terang, karena bawa lampu tenda tentunya 😄.

Hal tersebut tak berlangsung lama, pengurus datang memberikan penerangan di tempat saya mendirikan tenda, sehingga area tenda semakin terang, akses dari tenda menuju mushola serta kamar mandi pun tidak gelap gulita lagi..haturnuhun atas kebaikannya pak.. 😊.


 



 

 


 


 


 
Alhamdulillah, kami semua senang disana, memancing, main kartu, becanda tiada akhir, menyambut tahun baru dengan ngemil-ngemil, memasak berbagai menu..sayur asem, ayam goreng, ikan asin, bakar-bakaran (ayam, ikan tongkol, jagung, bakso).

So pasti tahun baru dengan berat badan yang baru...kenyang nya polllllllll, tambah buncit and cubby !!

Tapiiii....tetap saja mancing tidak dapat ikan, padahal sudah berbagai macam umpan dibeli suami saya, dari cacing beneran, cacing bubuk, cumi bubuk, pelet, telor asin dan entah apa lagi....beuhhhh... jika dilihat-lihat banyak ikannya di situ, tapi entah lah kenapa para ikan tak mau nyantol ke kail pancingan..hiks..hiks.


Okay...inilah penampakan-penampakan Situ Wulukut dari berbagai sudut























Semoga kedepan nya Situ Wulukut semakin berkembang dengan baik dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti jalan, penerangan, tempat sampah dan lainnya..tanpa mengurangi ketenangan, kenyamanan, keindahan dan keasriannya.
 


Artikel lainnya (KLIK) :

Traveler (Mountain Climbing) :


Tours (Traveling, Camping, Hiking) :
⏩ Wisata Religi ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Kuliner :
⏩ Kuliner Bandung : Kedai MeHek, maknyus harga bersahabat !!


Info :
⏩ 6 Tips Aman Persiapan Mendaki untuk Pemula dan Bukan Pemula
⏩ Fenomena Pendaki Kertas di Puncak Gunung 
⏩ Kisah Mistis Saat Pendakian Gunung
⏩ In Memoriam, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (Bpk. Arief Agustianto)

http://adventuresenja.blogspot.co.id/p/contact.html

http://adventuresenja.blogspot.co.id/p/about.html







Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Keindahan Situ Wulukut, Ranu Kumbolo nya Kuningan (camping ceria)"

  1. ih senangnya yaa bisa bakar2 ikan bersama keluarga dan teman2.. bagus banget ya kak dessie pemandangannya, apalagi tadi liat payung2 diatasnya bikin bagus buat selfie nih ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba..senang bisa berkumpul seperti itu, silaturahmi tetap terjaga.
      Buat yg doyan selfie2 so pasti senang ditempat ini..hehe.

      Delete
  2. Keren banget mbak, enak ya siang siang ngadem disitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas..tempatnya enak adem dan tenang, membuat sy ingin kembali lagi dan lagi..hehe

      Delete