Apa enaknya mendaki ? Ngapain sih mendaki ? Ini jawabannya.


Bagi yang tidak suka dan belum pernah merasakan bagaimana rasanya mendaki gunung tentu akan bertanya-tanya, Ngapain sih mendaki ? Apa enaknya mendaki ? dan masih banyak lagi pertanyaan sejenisnya.



Bagi saya yang sudah sering mendakipun kadang menjadi pertanyaan tersendiri..ngapain saya mendaki ? Udah jelas kecapean, kehujanan, kepanasan, kedinginan, kelaparan, kehausan, dan ketakutan..pastinya sering dirasakan.
Belum lagi biaya dan pengeluaran untuk perlengkapan mendaki, transportasi, logistik, dan lain-lainnya.
Pertanyaan seperti ini kadang ada dibenak ketika saya sudah merasakan letih akut saat sedang mendaki.
So...kenapa mendaki ??

Ok...yang pertama saya bahas untuk biayanya.
Untuk yang belum punya perlengkapan mendaki sudah tentu harus memilikinya, dan harganya tidaklah murah..bisa langsung beli semuanya (jika punya uang), bisa menyicil satu demi satu, atau menyewa, jadi silakan memilih sesuai kemampuan.

Untuk saya secara pribadi sedikit tidak masalah (sedikit loh ya), tapi bukan berarti saya dan suami orang berlebih, namun dikarenakan suami memang punya usaha dibidang penjualan dan penyewaan alat-alat pendakian serta punya usaha Organizer Trip untuk pendakian, jadi beberapa cerita pendakian dan camping yang ada di artikel ini adalah acara dari Organizer Trip kami baik itu Private Trip maupun Open Trip, tapi ada juga artikel yang perjalanannya murni keinginan kami berdua atau dengan beberapa orang team.

Karena usaha yang kami punya ini, otomatis sering membawa banyak orang dalam pendakian maupun acara camping ceria, dari yang tidak kenal hingga akhirnya menjadi seperti saudara sendiri, bahkan sudah bukan saudara lagi..tapi seperti anak-anak sendiri (sebut saja mereka anak angkat..heee), ada yang panggil saya teteh, tante, mom, hingga emak !! (bebas aja saya mah, pasrah mau dipanggil apapun..yang penting mereka happy..kwkw).

Mereka ini dari berbagai kalangan, ada yg pelajar SMP & SMA, mahasiswa, wiraswasta, pegawai negri dan swasta, banyak banget deh pokoknya.


My home, with para anak angkat 😂


Rumah kami adalah tempat bersilaturahmi baik pendaki dari dalam kota maupun luar kota, ada yang murni silaturahmi, ada yang bawa buah tangan ini itu karena dapat rejeki, tempat persinggahan pemuda pemudi yang sedang dilanda galau, happy, bete, atau sekedar curhat, bahkan yang kelaparan pun mampir kerumah untuk minta makan..haha, apapun itu kami welcome.
Ini adalah suatu nikmat yang Allah berikan pada saya dan suami, dapat mempererat dan memperpanjang tali silaturahmi.

Lepas dari itu semua, sejak kecil hingga dewasa saya memang suka tantangan.
Dari semua permainan seperti halilintar dan entah apa  lagi nama-namanya saya lupa, lalu hiking di gunung, jurang, dan susur sungai, hingga kebut-kebutan dipantai menggunakan jet sky, banana boat, parasailing, dll...saya suka semuanya.
Namun, semua itu berbeda ketika melakukan suatu pendakian..suasana yang berbeda yang mendorong saya ingin mendaki lagi, dan lagi.

So...ada efek ketagihan ketika sudah sampai dirumah, rindu ingin mendaki, walaupun tau nantinya bakal ngos-ngosan.
Laksana rasa rindu ingin bertemu pujaan hati..walaupun banyak rintangan tetap dijabani... eaaaaaa ! 

Tapi adapula yang kapok mendaki.
Yang saya amati, jika seseorang untuk pertama kalinya mendaki dan merasa kapok untuk mendaki lagi bisa dipengaruhi beberapa faktor, yaitu :
- Tidak punya keinginan dan niat yang kuat untuk mendaki.
- Tidak bersama orang-orang yang membuat nyaman dan tidak bersama orang yang menyenangkan saat mendaki.
- Bersifat super duper manja.
- Sangat ribet dengan urusan dandan dan fashion.
- Mempunyai penyakit tertentu dan kelemahan fisik.
- Dll



Saya adalah termasuk orang dengan  berbagai masalah penyakit ditubuh. 
Jika kedinginan akan alergi hidung gatal-gatal, bersin-bersin dan sesak nafas, ujung-ujungnya sakit.

Paling menyebalkannya..yang ini bukan penyakit, tapi mengganggu banget dalam hidup saya..jika kepanasan akan gelisah merana menderita karena saya jarang berkeringat sehingga jika berkeringat rasanya bagai cacing kepanasan #capedeh.

Saya juga penderita vertigo, jika kambuh dunia serasa gempa bumi, kadang berasa naik kapal laut yang terombang ambing gelombang yang sangat besar, atau dunia seakan berputar seperti naik korsel tiada henti..terlalu lebay engga ya ?? Ahh tidak, memang seperti itu kok rasanya 😁.

Eitssss..masih ada lagi, saya penderita maag akut, telat makan dan salah makan akan berakibat perut sakitnya bukan main membuat saya guling-gulingan, nungging-nungging, bahkan sampai jungkir balik (nah yang ini baru lebay...ngapain juga jungkir balik coyyy ?!!)
Trus apa lagi ya ?? ...ahhh sudahlah.

Sisi positifnya..setelah saya sering mendaki, semua penyakit tadi berangsur pulih, sangat teramat jarang kambuh kecuali si maag jungkir balik..hadeuhhhh. Skip.

Banyak hal yang luar biasa dalam pendakian yang tidak akan saya temukan ketika berada dalam kehidupan sehari-hari ataupun saat jalan-jalan maupun berwisata.

Contoh..saat jalan-jalan di mall, setiap individunya sibuk dengan style masing-masing, sibuk dengan belanja-belanja tanpa memikirkan orang lain.
Tidak ada tegur sapa jika berpapasan dengan setiap orang yang tak dikenal...lagian mau apa bertegur sapa dengan orang yang tak kenal di mall ? Nanti disangka orang aneh kan ? .

Berbanding terbalik dengan yang terjadi di mall..jika dalam pendakian tidak bertegur sapa malah dianggap orang aneh !!
Nah...istimewanya saat mendaki adalah terjalinnya komunikasi dan interaksi dengan orang-orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya.
Saat berpapasan atau menyusul pendaki lainnya, sudah hal yang (sepertinya) wajib untuk saling menyapa dan saling menyemangati, paling irit-iritnya memberi senyum manis sampai senyum terpaksa dengan wajah sudah tak karu-karuan letihnya.

- Semangat kang/mas/bang/om/teh/mba/tante !!
- Pos sebentar lagi !
- Semangat puncak sudah dekat !
- Hati-hati !!
Itu adalah kalimat-kalimat paling singkat dan populer dikalangan pendaki.

Belum lagi jika bertemu pendaki lain saat sedang istirahat dijalur maupun di pos pendakian, sudah barang tentu saling berkenalan, ngobrol sana sini bertukar pengalaman dan info, serta foto bareng ujung-ujungnya tukeran kontak.
Dan hal tersebut berdampak baik dikemudian hari, tali silaturahmi tetap terus terjalin bagai memiliki banyak saudara baru dari berbagai kota..jika beruntung bisa dapat jodoh..citcuiiittttt uhukkk uhukkk #apaansih.


Foto bareng dulu coyyyy..


Tapi ada juga loh yang tidak menyapa, bukan karena mereka pendaki yang aneh, biasanya karena mulutnya sudah letih menyapa saking banyaknya pendaki yang berpapasan..ini mah saya banget 😂.

Yang lebih istimewa lagi adalah saling berbagi dan tolong menolong tanpa pamrih, itulah yang paling luar biasa bisa kita rasakan saat mendaki gunung.

Jika ada pendaki yang sakit, pendaki lainnya menolong dengan sukarela walau tak saling mengenal.
Saat pendaki ada yang kekurangan air atau makanan, pendaki lainnya mau berbagi walau tak pernah bertemu sebelumnya.

Bantuin ya bro !!




Salah satu istimewanya pendaki, saya rasakan berdasarkan pengalaman pribadi.
Dan ini yang membuat saya sangat tersentuh.

Ada beberapa anak muda dari Bandung yang ingin merasakan mendaki..mereka ingin mendaki Gunung Cikuray di Garut.
Salah satunya adalah pengunjung blog ini.
Karena mereka pemula maka meminta saran dan nasehat saya..padahal apalah saya ini, hanyalah orang yang sok setrong tapi aslinya memang setrong kok..#emakemakmulaisongong 😰.

Mereka berhasil dalam pendakian pertamanya ke Cikuray..setelah itu mereka berencana melakukan pendakian lagi ke Gunung Ciremai. Lalu meminta pendapat, saran dan nasehat lagi..sebaiknya jalur mana yang harus dilewati ? saya menyarankan Ciremai jalur Apuy.
Alhamdulillah mereka berhasil juga dalam pendakian kali ini.
Senang rasanya bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Lalu apa yang membuat saya tersentuh ?
Inilah istimewanya pendaki.
Mereka adalah anak-anak muda yang sama sekali belum mengenal saya, dan belum pernah bertemu dengan saya sekalipun sampai detik ini.
Dan, pada saat pendakian Gunung Ciremai, mereka mengucapkan rasa terimakasih lewat postingan di Instagram, serta mempersembahkan video ini :


Tengkyuuuu so much gaesssss...



Saya sangat terharu dengan yang mereka persembahkan, terimakasih banyak broooo !! sukses selalu buat kalian !!...hiks..hiks..hiks..#asliterharubeneran.


Baiklah..lanjut ke pengalaman pribadi berikutnya..

Saya dan suami bertemu rombongan anak muda dari Jakarta ..mereka ingin turun gunung bersama saya dan suami karena menganggap kami "sangat senior" (udah tua kali ya maksudnya 😂)

Saya sempat memberitahu keadaan kaki saya yang tak memungkinkan untuk berjalan turun dengan cepat karena mengalami lecet dan lebam-lebam parah dikaki akibat sepatu yang tidak bersahabat, hingga membuat saya pakai kaos kaki saja saat turun gunung, tapi hal tersebut tak masalah buat mereka.

Sepanjang perjalanan malam hari..rombongan tersebut terus bersama kami dan tak mau meninggalkan walau sudah kami suruh untuk jalan duluan.
Dengan setia mereka selalu menunggu saya yang berjalan seperti siput nan imut-imut manja, menerangi dengan senter, dan terus menerus memberi semangat pada saya yang sedang kesakitan luar biasa untuk melangkah hingga sampai ke tujuan.
*Cerita selengkapnya baca :  Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan (Pendakian dadakan yang bikin nyesek jempol kaki)


Cerita lainnya yang menyenangkan adalah ketika turun dari puncak dan mengisi waktu dengan istirahat dan acara makan-makan di pos tempat mendirikan tenda, jika masih kelebihan makanan para pendaki akan saling menawarkan, berkenalan, dan bersendagurau.
Nah...jika bagi-bagi makanan ini saya lakukan pastinya dengan modus tertentu.
Yang pertama murni untuk membantu orang lain agar tidak kelaparan tentunya.
Yang kedua (ini modusnya) agar beban carrier saya berkurang pada saat turun, secara isi carrier saya selalu penuh makanan..hohohoooo.

Yukkk makan bareng..
(murni atau modus ??? kwkw)


Masih sangat banyak..banyak..banyak sekali hal-hal indah yang bisa ditemukan saat pendakian yang selalu membuat saya ingin kembali dan kembali lagi namun tak bisa seluruhnya saya ceritakan, bisa-bisa lecet & gempor jari tangan saya,  jangan sampai nasibnya sama seperti jari kaki yang tak indah dipandang..hiks..hiks.

So..Mau tau yang menakjubkan ?? 
Ini jawaban dari saya, Apa enaknya mendaki ? Ngapain sih mendaki ?

- Keindahan alam yang luar biasa, tolong menolong tanpa pamrih, rasa persaudaraan yang kuat, jalinan silaturahmi yang tak bisa terbayar dengan apapun juga, disinilah susah senangnya bisa dirasakan bersama yang tidak bisa kita temukan dikehidupan sehari-hari.

- Banyak hal yang sudah saya dapat dalam pendakian, salah satunya adalah proses hijrah saya (walaupun masih terus berproses dan masih sangat teramat banyak kekurangannya), melalui perjalanan dan pergolakan batin yang sangat panjang hingga saat ini, sudah tentu tidak bisa saya ceritakan, karena itu hanya milik saya dan Allah SWT. 

- Saya dan suami untuk pertama kalinya membawa 4 anak kami mendaki,  H+5 Lebaran 2017.
Mereka bisa mencapai puncak Ciremai via Linggarjati dan pulang dengan selamat tanpa kurang satu apapun.
Hal yang luar biasa bagi saya karena tak menyangka mempunyai anak-anak yang bisa berhasil menaklukkan dirinya sendiri menjajaki jalur paling kejam dan mistis di Gunung Ciremai..amazing.
*Cerita selengkapnya baca : Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati (Enjoy trip 27 pendaki dijalur kejam)

Saya bersama suami, dan 4 anak kami
(Puncak Gunung Ciremai via Linggarjati)



Mendaki gunung adalah gambaran kehidupan manusia sehari-hari yang butuh pengorbanan dan perjuangan untuk mencapai tujuannya, begitupun untuk mencapai tujuan ke puncak gunung perlu pengorbanan dan perjuangan, lalu indah pada waktunya.

Maka..ketika bisa pergi dan pulang dengan selamat dalam pendakian adalah kondisi yang luar biasa penuh rasa syukur, merasa begitu kecilnya kita sebagai manusia bisa berpijak diatas tanah ciptaan-Nya, Maha Karya yang Sempurna.



Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban 
(Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)



Artikel Lainnya :


Traveler (Mountain Climbing) :
⏩ Gunung Ciremai via Palutungan (Pendakian dadakan yang bikin nyesek jempol kaki)
⏩ Gunung Ciremai via Apuy (Jalur Ciremai paling pendek yang aduhai)


http://adventuresenja.blogspot.co.id/p/about.html
Tambahkan teks






Subscribe to receive free email updates:

70 Responses to "Apa enaknya mendaki ? Ngapain sih mendaki ? Ini jawabannya."

  1. Saya belum pernah punya pengalaman ndaki mbak. Hahahah... pernah ke gunung Telomoyo, itupun pake sepeda motor, bukan berarti nggak pengen juga tapi karena mental juga sih. Soalnya saya kebayang gimana nanti diatas dinginya kayak apa. Hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg pasti dingin banget mas..tapi kalau kita bergerak terus bisa teratasi dinginnya 😊

      Delete
  2. Betul bngat semuanya, aku juga baru dua kali mendaki, merasakan sebagian besar yg dijelaskan.

    Open trip ya apaan kak? Mana tahu ada jadwal yg cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an bisa mendaki tiga kali dan lebih banyak lagi ya mas..hehe.

      Utk saat ini blm rencana buat open trip lagi krn sedang sibuk urus sekolah anak dlu 😁, biasanya suami ngadain ke gunung ciremai dan gunung2 di jawa tengah.

      Delete
  3. bener banget, kata semangat puncak udah dekat itu kalimat favorit saya kalo lagi ndaki. tapi saya gak terlalu suka mendaki karna saya terlalu mageran orangnya buat prepare ini itu, kan kalo mendaki banyak tuh listnya, sepatu lah, tenda lah, makanan lah, jaket lah. kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...semangat puncak udah dekat..padahal mah php ya mas, tetap aja jauh puncaknya 😂.

      Next ikut open trip bareng kita aja, tinggal bawa diri dan perlengkapan pribadi doank 😁

      Delete
  4. saya suka sih mendaki naik naik ke puncak gunung gitu tapi belum pernah sama sekali, lebih gak ada temenya untuk mendaki sebenernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh kebalikan dari sy mas..kalau tau sy mau mendaki banyak yg ngintil pengen ikut, kadang sampai ga bilang siapa2 saking ingin mendaki berdua suami 😂

      Delete
  5. Pokoknya kak Desi itu kereeen ...
    Bisa dibilang ratunya trekking gunung 😁👍

    Kalau ada kesempatan ikutan trekking bareng kak Desi dan teman2 ... aku ngga nolak.
    #ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahayyyy ratu sengkle sy mah mas..😂

      Mudah2an ada kesempatan kita bisa mendaki bareng2 ya mas..InsyaAllah kalau ngadain trip di jateng kabar2i, dijamin enjoy bareng kita..😁

      Delete
  6. Bikin sehat juga mbak..
    Kan sekalian olahraga juga..

    Selain itu melatih motivasi untuk mencapai target...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah krn sering mendaki sy jarang sakit..badan rasanya fresh terus mas 😊

      Delete
    2. Betul..
      Jadi motivasi untuk terus olah raga supaya fisik ttp prima sehingga kuat naik gunung lagi.. hehe

      Delete
  7. Asik banget nih, bulan lalu saya juga habis mendaki, dan sayangnya hujan..he
    Seru ya ajak suami sama anak-anak juga, jadi serasa liburan keluarga namun ditempat yang berbeda ya. Jadi pengen ke Puncak Gunung Ciremai..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya mendaki ada aja hujannya..mau gimana lagi, suka ga suka ya dijalani ya mas 😁.

      Hayuuu mas kalau mau ke gn.ciremai bisa bareng..sy paling sering mendaki gn.ciremai 😂

      Delete
  8. Keren sekali, Mbak! Beruntungnya punya banyak saudara dari travelling ya, seneng lihatnya..
    betewe, saya masih takut mau mendaki. takut menyerah di tengah jalan (ini sih niatnya aja kali ya yang kurang). Huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba..mungkin krn usia sy dan suami udah uzur 😂😂 jadi banyak anak2 pendaki yg pengen ikut..krn kami sll santai kalau mendaki dan selama ini yg ikut dgn kami sll sampai puncak dan turun dgn selamat, mungkin mereka merasa aman nyaman krn ada org tua yg jaga 😁.

      Delete
  9. Komunikasi dan interaksi justru tambah hidup sesama pendaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas..kalau udah mendaki usia, propesi, jabatan ga dipandang..kita semua sama krn saling membutuhkan dan saling menolong.

      Delete
  10. Pengeeennn

    Nggak pernah mendaki sama sekali seumur hidup huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuu atuh mas..kapan2 mendaki rame2..seru ! 😊

      Delete
  11. Ahh kangen ndaki nihhh.. Bener sih, kadang ada temen yg nyletuk nanya. Eh kamu ngapain sih jauh2 ndaki, capek pula, nyari apa coba? Aku cuma senyum, percuma sih jelasin panjang lebar. Wkwkwk
    Aku selalu ketagihan ndaki, banyak pelajaran yg ku ambil dr kegiatan pendakian, hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo mba ella...kpn ya kita bisa mendaki bareng 😘😘.

      Bener bgt banyak pelajaran yg didapat saat pendakian, mengajarkan kita utk sll sabar, tabah, peduli sesama, dan bersyukur.

      Delete
  12. Dulu, sewaktu masih SMA dan kuliah juga suka mendaki, sekarang beralih jadi sepedaan. Agak susah meluangkan waktunya, apalagi mendaki itu perlu 1 hingga 3 hari...bahkan 1 minggu. Kalo cuma PP 1-2 hari itu menurutku capek dijalan, nggak terlalu dapat banyak cerita serta pemandangan. Paling tidak 1 hari 1 malam anteng dulu di puncak heheee...salam lestari!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas..kalau waktunya pas enak banget bisa menikmati pendakian, ga diburu2 waktu.
      Dan sy sdh 5 bulan cuti mendaki, krn sibuk urus sekolah anak2, kalaupun bisa mendaki waktunya sempit..lebih baik tidak mendaki daripada diburu waktu.. 😁

      Delete
  13. Kalo lihat temen mendaki, kayaknya sih asik banget dan seru.
    Cuma kalo yang tinggi2 banget kayaknya saya udah nyerah duluan deh soalnya gak tahan dingin, takutnya malah nyusahin orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy pun demikian mas..ga tahan dingin sebenarnya, tapi kalau sdh mendaki kita bisa mengatasi diri sendiri asal ngerti ilmunya..bisa mas baca di postingan sy 6 tips aman persiapan mendaki gunung utk pemula dan bukan pemula 😊.

      Delete
  14. saya juga awal-awalnya juga selalu heran apa sih serunya mendaki? setelah mencoba dan berhasil pulang lagi, disitu saya merasa kapok gak mau lagi mendaki. Tapi kalau ada yang ajakin, hayo deh, makin rame kan makin seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkk mas kapan2 kita mendaki rame2..so pasti seru.

      Delete
  15. Waduh artikel ini bikin saya kangen gunung. Terakhir 2 tahun yang lalu. Semoga saja tahun ini bisa naik gunung, hehehe btw, nice sharing mbak.. Pasti ada suka duka ketika naik gunung, tapi bisa jadi pengalaman yg hebat buat diceritakan anak cucu kelak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tahun ini mba bisa mendaki..mudah2an kapan2 kita bisa mendaki bareng..aminnn.

      Awal2nya sy buat blog tujuan utamanya krn menyalurkan hobi menulis, dan yg kedua cerita buat anak cucu kelak..kenang2an buat mereka 😊

      Delete
  16. Please itu kata moms sama kelaparan jangan dibawa kesini, aib baim wkwk

    ReplyDelete
  17. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : AJOQQ.INFO

    ReplyDelete
  18. Bagi Anda Yang Tengah Mencari Situs Judi Online Terpercaya Serta Memberikan Banyak Keuntungan Dan Menyediakan Berbagai Jenis Permainan, Jawabannya Adalah AgenS128.

    AgenS128 Menyediakan Berbagai Jenis Promo Bonus Yang Sangat Menguntungkan Para Pemain Mulai Dari Bonus New Member, Bonus Deposit, Bonus Cashback, Bonus Rollingan Casino, Diskon Togel, Bonus Welcome, Hingga Bonus Referal Yang Pastinya Sangat Memanjakan Anda Ketika Bermain Judi Online Bersama AgenS128.

    AgenS128 Sudah Pasti Didukung Oleh Beberapa Bank Lokal Ternama Untuk Memudahkan Anda Melakukan Transaksi Seperti Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Serta Danamon. Tak Hanya Bisa Melakukan Transaksi Melalaui Bank Saja, Anda Juga Dapat Melakukan Transaksi Via Pulsa Maupun OVO.

    Sabung Ayam Online
    Link Alternatif Sbobet
    Icetuna
    Sabung Ayam Online
    Login Sabung Ayam
    Login Sabung Ayam S128
    Sabung Ayam S128
    Link Sbobet
    Main Slot Online

    Bagi Anda Yang Tertarik Untuk Bergabung, Anda Bisa Langsung Menghubungi AgenS128 Melalui Beberapa Kontak Resminya
    Website : http://165.22.61.70/
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line ID : agens1288

    ReplyDelete
  19. Mau tau prediksi Togel HONGKONG / HK yang jitu dan akurat ?
    Hanya di Armani69.com dan Armani777.com yang menyediakan semua itu.
    Langsung saja di Cek Prediksi Togel HK Jitu Hari ini:

    Sumber Armani69.com :
    Prediksi Bocoran Togel HONGKONG Hari Ini Jumat 13 September 2019

    Sumber Armani777.com :
    Bocoran Togel HONGKONG Malam Hari Ini Jumat 13 September 2019

    ReplyDelete
  20. Masih Sering kalah main Poker Online?Ingin gampang menang? Masih Bingung Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ??

    Di sinilah tempatnya MEJAONLINE, Dengan Server IDN Yang Ternama Situs Taruhan Judi poker Paling Rekomendasi Banget Niih !!!

    - BONUS PERDANA NEW MEMBER :
    DEPO 50RB MENDAPATKAN 10RB
    DEPO 100RB MENDAPATKAN 20RB
    DEPO 250RB MENDAPATKAN 30RB
    DEPO 500RB MENDAPATKAN 40RB
    DEPO 1JUTA MENDAPATKAN 50RB

    - BONUS TURNOVER 0.4% SETIAP HARI SENIN
    - BONUS REFFERAL 20 % DI BAGIKAN SETIAP HARI KAMIS

    - LINK DAFTAR : https://bit.ly/31eLqIv


    INFO LEBIH LANJUT :

    WhatsApp : +855964594816
    LINK : www.mejaonline01. com
    LINK : www.mehaonline02. com


    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  21. ituBola - Bandar Bola | Casino Online | Baccarat | Dragon Tiger | Roulette | Sicbo | BlackJack

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Bola & Casino Online Terlengkap.

    BONUS SPORTSBOOK ONLINE

    Komisi Rollingan 0.25% Grade A
    Pasaran Harga ODDS Terbaik, Duit Kei Tidak Mahal

    BONUS CASINO ONLINE

    Komisi Rollingan 0,8% ( Baccarat )
    Komisi Rollingan 0,6% ( SICBO )
    Komisi Rollingan 0,6% ( ROULLETE )
    Komisi Rollingan 0,5% ( DRAGON TIGER )

    NB : Komisi Rollingan Akan Secara Otomatis Masuk Ke dalam User.

    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
    => Support Deposit Via Aplikasi OVO

    * Pusat Bantuan ituBola

    LINE : itubola757
    WECHAT : itubolanet
    WHATSAPP : +85517696120

    Access Restricted
    www.BOTOLKECIL.com

    @ituBolaCS | Linktree
    http://bit.ly/ALLLINK

    #judi #judibola #judicasino #judidadu #judisicbo #judibaccarat #judiroulette #agenbola #agenjudi #agencasino #bola #bandarbola #bolaterpercaya #situsjudi #situsjuditerpercaya

    ReplyDelete
  22. Kasir4D, Agen Togel, Bandar Togel, Casino Online Terpercaya

    Menghadirkan TOGEL & CASINO LIVE GAMES ONLINE Dengan Diskon Dan Bonus Terbesar.
    Keamanan dan Kenyamanan Member adalah Prioritas Kami.

    Nikmati Bonus dan Promo menarik yang menanti anda di Kasir4D.
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Cashback 5% Up 15%
    Bonus Refferal 2% Setiap harinya
    Bonus Bulanan Turn Over
    Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya Menanti Anda

    Jadwal Tutup Pasaran Togel :
    Pasaran Sydney
    Tutup : 12.20 WIB & Buka : 14.00 WIB
    Pasaran Singapore
    Tutup : 17.20 WIB & Buka : 17.45 WIB
    Pasaran Hongkong
    Tutup : 22.10 WIB & Buka : 23.00 WIB

    Kunjungi :
    Webiste : Kasir4D
    What's App : +855974247219
    TELEGRAM : +6281393706188
    LINE : kasir4dtogel
    Facebook : Kasir4D
    Twitter : Kasir4D
    Prediksi : PREDIKSI TOGEL
    Link Alternatif : Kasir4D


    Agen Togel Online
    Casino Online
    Domino99
    BandarQ

    ReplyDelete
  23. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Whatshapp : +855969190856
    website : AJOQQ.INFO

    ReplyDelete
  24. ituQQ Situs POKER DominoQQ ONLINE | AGEN JUDI ONLINE | AGEN BANDAR TERPERCAYA | Agen BandarQ ONLINE | Sakong Online | Judi DominoQQ | BandarPoker | AduQ Online | Capsa Susun | Bandar66 Online | Poker Texas Indonesia

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
    1 ID untuk 8 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituQQ

    * Domino99
    * AduQ
    * Poker
    * Capsa Susun
    * BandarQ
    * Bandar 66
    * Bandar Poker
    * Sakong

    => Bonus Cashback 0.5% (dibagikan 2x setiap Minggunya)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Minimal Depo & WD - 50.000 Ribu & 100.000 Ribu
    => Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Permata Bank, Etc)
    => Menerima Deposit Via : (OVO, Go-Jek, XL, TELKOMSEL, Axis, Etc)
    => 100 % FAIR PLAY (tidak ada BOT / ADMIN dalam permainan)

    * Pusat Bantuan ituQQ

    LINE : ituQQ
    WECHAT : ituQQQ
    WHATSAPP : +855-9589-7137

    * ituBola - Judi Bola - Judi Casino - Judi Poker - Judi Domino QQ
    * ituCasino - Judi Casino - Judi Bola - Judi Poker - Judi Domino QQ

    ReplyDelete
  25. ItuKasino - Agen Judi Bola - Slot - Judi Poker - IDNLive - Sicbo - Baccarat - LiveCasino

    Minimal Deposit & Withdraw Rp. 25.000,- / Rp.50.000,-

    - Bonus Cashback Sportsbook 5% setiap Senin
    - Bonus Rollingan Live Casino 1% setiap Senin
    - Bonus Rollingan IDN Live 1% Setiap Senin
    - Bonus Cashback Slot Games 5% Setiap Senin
    - Bonus Referral 1-5% setiap selasa
    - Bonus Cashback Poker 0.3% setiap Kamis

    Kontak Kami :
    WhatsApp : +85593790515

    Pusat Bantuan ituKasino :
    • https://linktr.ee/itukasino

    Link Alternatif ituKasino :
    • http://bit.ly/tricksjoker

    Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    • Telkomsel , XL axiata
    • Ovo , Gopay

    Agen Taruhan Judi Teraman, Situs Taruhan Judi Teraman, Agen Judi Bola, Agen Judi Bola Online, Agen Bola Online, Agen Sportsbook, Judi Casino, Agen Judi Casino, Agen Casino Online, Agen Live Casino Terpercaya, Agen Judi Poker, Judi Poker, Agen Poker Online, Agen Judi Domino, Agen Domino Online, Agen Bandar Domino, Agen Bandar QQ, Agen Bandar Poker, Agen Bandar Ceme,

    #agenonline, #agenjudionline, #judionline, #agentaruhanjudionline, #situstaruhanjudi, #sportsbook, #casino, #pokeronline, #agenbola, #agentaruhanbola, #agentaruhanonline, #agenjuditerpercaya, #agenjudibola, #agenpoker, #bursataruhan, #taruhanbola, #taruhanonline, #taruhanjudibola,

    ReplyDelete
  26. Agen Domino Terpercaya menyediakan banyak promo menarik sekali
    Salah satu promo yang diminati banyak orang disini adalah bonus deposit 10% tanpa batas
    Dengan bonus tersebut membuat para pecinta judi online beralih ke situs ini.
    ZumaQQ juga menyediakan deposit via pulsa telkomsel,xl,ovo,dana,gopay,dll
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  27. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  28. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  29. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  30. Agen Domino Terpercaya menyediakan banyak promo menarik sekali
    Salah satu promo yang diminati banyak orang disini adalah bonus deposit 10% tanpa batas
    Dengan bonus tersebut membuat para pecinta judi online beralih ke situs ini.
    ZumaQQ juga menyediakan deposit via pulsa telkomsel,xl,ovo,dana,gopay,dll
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  31. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  32. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa telkomsel dan juga xl/axis
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  33. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  34. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  35. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  36. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  37. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  38. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  39. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  40. Prediksi Togel Sgp Mbah Bonar 15 Maret 2020 <a href="https://indextogel.org/prediksi-togel/prediksi-togel-sgp-mbah-bonar-15-maret-2020/ > Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu hari ini </a> Gabung sekarang dan Dapatkan Potongan Setiap Hari !!!

    ReplyDelete
  41. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  42. Hanya di masterbet188

    Agen slot deposit pulsa tanpa potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT
    .
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188
    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    �� Whatsapp: +6281397628286
    �� Line : Masterbet188
    �� Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete
  43. Hanya di masterbet188

    Agen Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT

    #Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188
    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    📲 Whatsapp: +6281397628286
    📲 Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete

  44. Hanya di masterbet188

    Agen Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT

    #DepositPulsaTanpaPotongan

    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188

    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    📲 Whatsapp: +6281397628286
    📲 Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete
  45. Hanya di masterbet188

    Agen Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT

    #DepositPulsaTanpaPotongan

    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188

    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    �� Whatsapp: +6281397628286
    �� Line : Masterbet188
    �� Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete
  46. https://www.bolavita.review
    Bolavita.press merupakan Agen Judi Sbobet Bola Online terpercaya yang akan membantu dan melayani kamu para pecinta judi bola online untuk melakukan pendaftaran akun sbobet, agar dapat melakukan taruhan judi bola secara online hanya dengan beberapa langkah mudah.
    WA : 0812-2222-995
    Telegram : 0812-2222-995

    ReplyDelete