Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan (Setelah cuti mendaki selama 1 tahun)


Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, dengan ketinggian 3078 Mdpl (meter di atas permukaan laut).
Jalur pendakian via Palutungan berada di kabupaten Kuningan - Jawa Barat, merupakan jalur terpanjang dibanding dua jalur lainnya (Linggarjati & Apuy).

Rute dan transportasi menuju Palutungan bisa dilihat dari foto yang akan saya lampirkan dibawah setelah foto di basecamp Palutungan (silakan cari sendiri fotonya,,,hahaha).


Puncak 3078 Mdpl






Baiklah, curcol sejenak...
Genap setahun saya dan suami tidak mendaki, biasanya dalam satu bulan bisa beberapakali kami mendaki.
Apa rasanya tidak mendaki setahun ? seluruh tubuh terasa sakit-sakit tidak karuan, terkadang saya merasakan sakit ditelapak kaki hingga tak kuat ingin menangis yang akhirnya menghebohkan jagat raya ini (lebay), dalam hal ini si bungsu jadi korban untuk memijat kaki saya...maafkan ibumu ini nak !!

Banyak alasan yang membuat saya dan suami cuti dari pendakian.
Dari akhir tahun 2017 disibukkan dengan urusan tiga anak kami (anak kedua, ketiga, keempat) yang menghadapi Ujian Nasional, setelahnya pusing urusan mencari sekolah, PPDB, mendaftar sekolah,  penerimaan siswa baru, wara-wiri urus seragam, buku, rapat ortu, dll.
(yang punya satu anak menghadapi UN aja udah pusing dan stres, apalagi tiga anak menghadapi UN ya gaes..asikkkk banget deh rasanya).

Cukup sampai disitu ? tentu tidak..kami memutuskan untuk pindah rumah, kesana kemari mencari rumah yang cocok.
Setelah dapat rumah, urusan notaris, renovasi, packing, pindahan, beres-beres menata rumah yang butuh waktu tidak sebentar membuat kami benar-benar tak punya waktu untuk memikirkan pendakian.

Sudah selesai urusan kami kah ?? Oh tentu tidak, anak pertama kami menginjak kelas 3 SMA, dan harus mempersiapkan biaya, pemantapan, serta Ujian Nasionalnya....endolllllllll bingitsssss rasanya hidup iniiiihhhh dengan empat anak gaesssss...wowwwww...wowwww..wowwww..pengen nangis guling-guling dipantai rasanyahhhh.
But...ya sutra lah, semua kami nikmati dan jalani saja, mengalir bagai air dimusim kemarau...keriiiinnnggg keleusss !!

Dan satu lagi, karena memiliki adik di Bandung yang super sibuk, saya dan suami "menculik" anak adik saya nan lucu yang berumur 1 tahun dan membawanya kerumah untuk kami asuh..sebut saja dia bayi kepo.
Dia memang sangat kepo, siapa saja yan pegang hp pasti dikepoin, dan siapa saja yang sedang santai pasti dikepoin..masuk kamar dikepoin..kepoooo.
Si bayi kepo sudah seperti anak sendiri, suatu hari kami pulangkan ke Bandung, ketika kami tinggalkan besoknya langsung sakit panas dan susah makan...setiap kami video call bayi kepo memasang wajah memelas menderita serta nangis-nangis..kalau sudah bisa bicara mungkin dia akan berkata : Sungguh teganya dirimu teganya teganya teganya teganyaaaaa...(Meggi Z - Senyum Membawa Luka).
Alhasil...kami kembali ke Bandung menculiknya lagi.
So..dengan banyak anak hidup ini serasa orang paling sibuk sedunia..wawwww.

Dan sepanjang tahun 2018 ini anak-anak hasil download (baca : anak-anak pendaki yang sudah kami anggap anak sendiri) sudah wak wek wok seperti bebek kelaparan mengajak kami silih berganti untuk mendaki...sorry ya nak, emak bapak lagi sibuk berat, maklum kita mah gitu orangnya !!

Hingga akhirnya.. tak tahan sudah rasa sakit-sakit ditubuh menerpa saya dan suami.
Tiba-tiba suami muncul dipintu kamar dengan wajah bagaikan mentari terbenam tertutup mendung kelabu (silakan bayangkan sendiri) mengajak mendaki secepatnya hanya berdua saja, mendaki suka-suka, bisa muncak syukur, ga bisa muncak ya sudah (yang penting sakit dibadan ini bisa hilang).

Tapi setelah dipikir-pikir, daripada nanti anak-anak hasil download komplain tidak diajak mendaki, akhirnya kami menawarkan beberapa orang barangkali mau ikut serta..ikut syukur ga ikutpun syukur..hahahaha.

Setelah terjadi diskusi nan panjang...diputuskan tanggal 30 November 2018 kami mendaki bertujuh, saya, suami, Opi, Dadung, Tiara, Ade, Don.

Inilah penampakan kami yang super keren..kwkw


Pendakian suka-suka ini yang tadinya "muncak syukur gak muncak ya sudah" jadi berubah dari rencana awal.
Lima orang yang turut serta ternyata punya sejarah berbeda-beda yang membuat saya dan suami memutuskan untuk bisa sampai puncak semua bersama kami.

- Opi, belum pernah mendaki via Palutungan dengan kami (dua kali mendaki dengan Opi via Apuy terus).
- Dadung, belum pernah mendaki via Palutungan dengan kami (Dua kali juga mendaki dengan kami via Apuy dan Gunung Sumbing).
- Tiara, belum pernah mendaki bersama kami (beberapa kali ngecamp dengan Tiara, akhirnya kesampean juga kita muncak bareng ya ra..)
- Ade, ini adalah pendakian perdananya, belum pernah mendaki dengan siapapun :D
- Don, belum pernah mendaki bersama kami.
(Ade dan Don sering main kerumah kami, dan baru kali ini mendaki bareng mereka).

Kendala utamanya adalah..pendakian ini dadakan dan prepare perlengkapan sangat kurang karena kesibukan saya dan masih sebagian barang ada dirumah lama, termasuk tidak adanya tali dan alas sepatu bagian dalam milik saya.
Mau ngambil..lupa, ya sudah lah, saya pasrah menggunakan sepatu tanpa alasnya, sedangkan tali sepatu saya ambil dari sepatu gunung milik suami.

Dan, ini adalah pendakian pertama saya menggunakan hijab (Alhamdulillah), sehingga saya merengek pada suami minta dibelikan hijab yang baru agar nyaman saat pendakian...bebbbb beliin hijab traveling atuh !!
Secara sejak berhijab diawal tahun 2018 saya sudah wanti-wanti hanya mau mendaki lagi kalau dibeliin hijab baru, hijab traveling !!
Yesssss !! setelah milih sana sini dibeliin tiga hijab !! (dan kenyataannya saya tidak memilih hijab traveling..haha)..tengkyuuuu cintahhhhh.

But...setelah ngaca berhari-hari pakai hijab baru, saya putuskan tidak memakai hijab pemberian suami...whyyyyyyy ???? Aduhhhh, hijabnya ciamik banget, lebih cocok saya pakai nanti saat di gunung Prau ala-ala foto model !! ahahaha.
(Prau oh Prau..semoga terlaksana bisa kesana).


Finally..cape banget gue ngetik curcol artikel ini..kwkwk.
Kita mulai cerita tentang pendakiannya.

Kami bertujuh dengan suka cita menuju basecamp Palutungan setelah magrib menggunakan satu mobil dan satu motor.
Sesampainya disana menghubungi sahabat kami Oman, untuk membantu registrasi dan mengantar ke Buper Ipukan, serta menitipkan kendaraan, tengkyu so much A Oman yang selalu baik hati, bijaksana, tidak sombong, rajin mengaji, rajin membaca, rajin futsal, rajin ngurus sapi, dan rajin ngambilin mangga dirumah akuuuu !! ahahaha

Registrasi via Palutungan saat ini Rp. 55.000,- sudah termasuk asuransi, sertifikat, dan jatah makan nasi.


Basecamp Palutungan





Ini nih foto rute dan transportasi (zoom aja bro..)

Peta, Rute Transportasi, Pos, dan Perkiraan Jarak & Waktu Pendakian via Palutungan


Jika membutuhkan kendaraan untuk mengantar jemput dari Terminal Bus / Stasiun Kereta Api Cirebon menuju basecamp Palutungan maupun Basecamp Linggarjati dan Apuy silakan hubungi kontak dibawah ini :





Ya...kami memulai pendakian via Palutungan ini seperti yang sudah-sudah, dari Buper Ipukan, bukan dari basecamp.
Lumayan menghemat waktu dan tenaga, karena letak Ipukan ada diatas basecamp.
Kami memulai pendakian sekitar jam 11 malam, dengan cuaca cerah ceria berjalan santai menuju Pos 1 Cigowong.



Warung A Oman di Ipukan


Ketakutan saya yang paling utama adalah tidak kuat nafas dan melangkah, secara sudah setahun tidak mendaki, namun ketakutan itu tidak terbukti, saya bisa berjalan dan bernafas seperti pendakian biasanya, plus semangat membara !! (Yesssss..yessss..ternyata masih strong !!)
Tapi...sepanjang jalan saya berjalan tak jelas rasanya dengan sepatu tanpa alas bagian dalam, sehingga kaki serasa menapak dicetakan kue balok berbentuk kotak-kotak...eaaa..eaaa..eaaa.

Menuju Cigowong adalah jalur paling panjang, perkiraan waktu dari basecamp ke Cigowong adalah 2 jam, dengan trek landai mengesalkan karena panjang dan lama.
Belum setengah perjalanan menuju Cigowong, rasa kantukpun mulai melanda kami semua, kami memutuskan mendirikan flysheet untuk ngopi-ngopi, makan, dan tidur.





Pagi hari kami melanjutkan perjalanan menuju Cigowong.
Tak sabar rasanya ingin sampai di Cigowong karena saya hanya sempat makan segepok roti, sehingga perut tak kuasa lapar sangatttttt saat diperjalanan,
*Catet !! si gue ini sejak kecil selalu diajarkan harus sarapan, jadi kalau pagi-pagi kaga makan alhasil lemah lunglai letihlah hidup ini rasanya..


Otw Cigowong






Pos 1, Cigowong

Jam 11.30 sampai di Cigowong, kami istirahat, memasak nasi, menghangatkan daging rendang (sponsor by ibu notaris yang cantik) dan mengisi air untuk perbekalan dijalan.

Bawa air yang banyak disini ya gaesssss...karena hanya di Cigowong dan Goa Walet (Pos terakhir) adanya mata air, namun jangan mengandalkan di Goa walet, karena belum tentu ada air disana.
Walau sudah memasuki musim hujan, ketika kami akan mengambil air di Goa Walet sangat minim, hanya dapat setengah botol saja.


Pos 1, Cigowong

Warung

Shelter

Mushola


Pos Cigowong adalah tempat yang luas untuk mendirikan tenda, terdapat warung yang menjual aneka minuman, makanan ringan hingga makanan berat, disana terdapat juga Mushola, kamar mandi, dan sungai kecil.
Menuju pos ini bisa juga menggunakan jasa motor trail dengan biaya (katanya) 100.000,- dan turun menuju basecamp pun biayanya sama.
Memang cukup mahal, namun sebanding dengan jauhnya jarak Basecamp ke Cigowong.

Hingga saat ini saya belum mau mencoba karena dengan jarak yang jauh sudah pasti akan memacu adrenalin bertubi-tubi tanpa ampun, lebih baik jalan walau letih tiada tara..ahhhhh anggap saja saya strong, padahal mah mikir 1000x harus bayar 100.000...kwkwkw.

Jam 11.30 kami melanjutkan pendakian menuju Pos 2 Kuta, mulai menanjak tapi masih banyak bonus.

Jalur menuju Pos Kuta




Pos 2, Kuta

20 menit kami sampai ke Kuta, 40 menit kami istirahat di Kuta, pos ini ditandai dengan adanya satu pohon besar, tidak ada lahan untuk mendirikan tenda.
Setelah ngoceh-ngoceh ketawa-ketiwi lalu melanjutkan perjalanan menuju Pos 3 Pangguyangan Badak.


Pos 2, Kuta




Pada tahap ini saya memutuskan jalan duluan berdua dengan Tiara karena para lelaki masih asik ngopi-ngopi ganteng di pos Kuta.
So...kaki mulai linu karena jalur mulai menanjak tiada ampun dengan pepohonan yang rapat, tapi jangan kuatir masih banyak bonus disini, saya terus bersemangat dengan sepatu bak cetakan kue balok !!

Jalur menuju Pangguyangan Badak




Pos 3, Pangguyangan Badak

50 menit kami sampai di Pos 3, dan bertemu lagi dengan para lelaki, lalu beristirahat hampir setengah jam untuk ngemil-ngemil dan ngopi-ngopi syantikkkkk, cekrak-cekrek sana sini bak foto model rimba..auooooooooo.



Pos 3, Pangguyangan Badak



Jam 13.55 cusssss menuju Pos 4 Arban.
Hiks...hiks....jalur menanjak tiada akhir dengan akar besar disana-sini hampir tidak ada bonus, kalau sudah begini..banyak istirahatlah kami, ditambah bertemu pendaki lainnya berkenalan dan ngobrol-ngobrol semakin lamalah perjalanan ini.


Jalur menuju Pos Arban




Pos 4, Arban

Memakan waktu sekitar satu jam dua puluh menit untuk sampai di Arban.
Tempat ini agak luas, tapi jangan dijadikan opsi untuk mendirikan tenda karena puncak masih jauh dari Arban.

Di Arban...kami pun istirahat syantik lagi sekitar satu jam, kok lama amat ???
Bagaimana tidak lama, hammock kami pasang untuk bersantai, berayun-ayun bagaikan anak TK riang gembira, ngopi-ngopi, ngobrol-ngobrol dan bersenda gurau dengan pendaki lainpun bagai tradisi yang harus dilakukan ditiap pos...lama toh ?? lama kan ?? lama ya ?? lamaaaaa pokoknya mah.

Lalu saya dan suami mengenang saat-saat dulu kami pernah berada di pos Arban, ngecamp disini dan summit attack dari sini...Gubrakkkkk !! bayangkan lamanya, secara masih setengah perjalanan dari Arban ke Puncak.
Hanya orang strong yang mampu summit dari Arban (menghibur diri sendiri, padahal mah saking leletnya kami saat itu sampai di Arban).


Pos 4, Arban



Setelah itu melanjutkan perjalanan berdua Tiara lagi, kali ini karena para lelaki masih sibuk membereskan hammock dan perlengkapan masak, dan kami dengan (sok) polos tanpa dosa pergi meninggalkan mereka melangkah cantik bagai di catwalk..lenggak lenggok lenggak lenggok..bye bye gaessss.

Menuju Pos 5 Tanjakan Asoy dengan trek yang membuat kaki semakin senat-senut, nafas ngos-ngosan.


Jalur menuju  Pos Tanjakan Asoy



Pos 5, Tanjakan Asoy

25 menit kami sampai di Tanjakan Asoy, hari sudah sore menunjukkan pukul 16.45.
Pos ini lumayan luas untuk mendirikan tenda, beberapa pendaki yang sepanjang perjalanan berkenalan dan ngobrol dengan kami mendirikan tenda disini karena sudah letih.
Sedangkan kami, memutuskan untuk terus naik walau gelap segera tiba...pokoknya ngecamp di Pos 6 Pesanggrahan, itu keinginan kami agar tak terlalu jauh ke puncak saat besok summit.

Sambil istirahat saya memandang keatas si Tanjakan Asoy, membayangkan treknya yang bakal bikin kaki dan nafas meliuk-liuk dramatis...hiks..hiks.
Setelah kaum lelaki tiba, seperti biasa tradisi selalu terulang kembali..istirahat satu jam disini gaessss.


Pos 5, Tanjakan Asoy


Maka..setelah puas istirahat, mulailah kami berjalan menuju Pos Pasanggrahan, Ennngggg iiinnngggg eeeennnggggg...sesuai namanya Tanjakan Asoy....asoy geboy banget rasanya, trek nanjak dan nanjak tanpa ampun bikin body salto, melintir, jungkir balik, guling-guling (mulai lebay lagi).

Tapi perjalanan ini kami dibawa enjoy, tiada henti bersenda gurau ketawa ketiwi riang gembira..terutama Dadung, entahlah pakai baterai apa dia, sejak awal pendakian tiada hentinya berkicau...cot cot cot..cocoooootttttt terus, ohhh noooo..setelah diselidiki ternyata Dadung pakai genset bukan baterai broooo !! pantesan.


Jalur menuju Pos Pasanggrahan




Pasanggrahan 1

Pada peta pendakian memang tercantum Pos Pasanggrahan, namun pada kenyataannya sebelum kita sampai di Pos Pasanggrahan akan menemui Pasanggrahan 1.
Satu jam kami sampai dari Tanjakan Asoy ke Pasanggrahan 1, area lumayan luas untuk mendirikan tenda, sudah banyak tenda-tenda berdiri dan banyak pendaki-pendaki tampak happy disini menawarkan kami untuk mampir.

Namun karena ada beberapa pendaki membuat api unggun dan banyak asap, mengakibatkan Tiara yang memiliki riwayat Asma mendadak sesak dan sedikit mimisan.
Kami berhenti sejenak untuk menstabilkan keadaan Tiara, setelah normal kembali kami melanjutkan perjalanan.

Sebelum sampai di Pos Pasanggrahan kami menemukan lahan yang bisa digunakan untuk mendirikan sekitar 10 tenda, akhirnya diputuskan kami bermalam ditempat ini dan mendirikan 3 tenda.


Camp



Setelah tenda berdiri saya mulai sibuk memasak, menu andalan yang selalu di request anak hasil download yaitu sayur asem, tempe goreng, ikan dan cumi asin, sambel.
Terus terang, saya tuh sampai bosan masak itu-itu lagi setiap pendakian...hahaha.
Tapi apa daya, emak mah nurut aja sama anak-anaknya, secara emak memang sholehah banget ya...ahiwwwww #thepowerofemakemak.

Setelah kenyang, dan puas bercocot maricot....kamipun tidur bahagia walau kedinginan.
Hanya satu orang yang merasa tidurnya sangat nyenyak dan merasa hangat, dialah pendaki pemula si pemilik sleepingbag baru yang memiliki 3 layer : parasut, polar dan dacron.

Sang pendaki ini barangnya masih fresh baru semua..hayo tebak siapakah dia ??
Yang bisa jawab saya kasih hadiah seperangkat peralatan lengkap mendaki senilai 5.000.000 !!
Jawabannya adalah Ade !!! (maaf coyyy sudah dijawab, hadiah tidak berlaku).
Ishhh dahhhh beli dimana sih perlengkapan mendakinya de ?? Cirebon Outdoor donk !! ahahaha (iklan sejenak).






Sekitar jam 2.30 malam saya sudah mendengar pendaki-pendaki melewati tenda kami, hufftttt rajin banget mereka jam segini sudah summit, sedangkan kami masih sibuk dengan suara ngorok yang bersahut-sahutan dari tenda ke tenda.

Pagi hari kami bangun, sesuai kesepakatan dari awal kami start summit sesantai mungkin.
Saya mulai sibuk memasak..menu pagi ini adalah nasi goreng, telur dadar, tempe goreng.
Setelah perut terisi, sekitar jam 8.15 kami mulai perjalanan menuju puncak.


Before Summit Attact



Pos 6, Pasanggrahan

Hanya beberapa menit saja kami sampai di Pos 6 Pasanggrahan, di pos ini cukup untuk mendirikan beberapa tenda.
Dan pos inilah batas akhir pendaki disarankan mendirikan tenda, karena setelah pos ini sangat tidak disarankan mendirikan tenda berhubung jalur sudah mulai terbuka, jarang pepohonan tinggi, sehingga rawan badai.


Pos 6 Pasanggrahan



Setelah foto-foto sejenak lalu cusssssss..menuju Pos Sanghyang Ropoh.

Dan saya mulai melunglai..
Seperti yang sudah-sudah kelemahan saya adalah pagi hari saat summit, karena perut selalu terserang lapar dan lapar dalam perjalanan pagi.



Jalur menuju Sanghyang Ropoh




Pos 7, Sanghyang Ropoh

Satu jam kami sampai disini, hanya foto-foto sebentar lalu lanjut perjalanan.


Pos Sanghyang Ropoh


Jalur semakin terbuka, sudah sangat jarang pohon tinggi, dan yesssssss....treknya mulai menunjukkan trek favorit saya, batu-batu menanjak..paling suka trek seperti ini, tangan dan kaki bekerja semua secara adil dan merata dalam tempo yang selama-lamanya...ngekkkkkkk.


Jalur menuju Simpang Apuy




Simpang Apuy 

Satu jam sampai di Simpang Apuy.
Disini adalah tempat bertemunya pendaki dari jalur Apuy dan jalur Palutungan.
Hati-hati saat perjalanan turun dijalur ini, jangan sampai salah jalur ya...


Simpang Apuy




Lanjut perjalanan menuju Pos Goa Walet..
Jalur masih sama seperti Simpang Apuy berupa batu-batu kecil, besar hingga batu berbentuk pipih.



Pos 8, Goa walet

Tiga puluh menit perjalanan kami dari Simpang Apuy ke Goa Walet sudah plus istirahat dan tradisi berkenalan, ngobrol-ngobrol, foto-foto dengan pendaki lain.
Saya, Suami, Tiara, Dadung duduk-dudukan disekitar pos ini, Opi, Ade, Don turun kebawah menuju Goa Walet bermaksud mengambil air, namun hanya ada sedikit saja air disana.


Goa Walet




Saat yang dinantikan tiba...satu tahap lagi sampai di puncak.
Antara semangat dan lapar lagi tentunya..menapaki jalur yang terus menanjak tiada bonus.


Flashback
Berhubung saya agak buntu menceritakan perjalanan menuju puncak kali ini (yang pernah baca status whatsapp saya pasti paham,,haha), jadilah saya dan suami mengenang-ngenang saat dulu pertama mendaki berdua dijalur ini..sungguh tragis romantis !!

Suami sangat keletihan saat itu, begitupun saya...namun demi ingin sampai dipuncak saya berjalan dengan sisa-sisa tenaga saat itu, dan suami menyuruh saya jalan duluan agar bisa segera sampai dipuncak.
Saya berjalan sendirian, menggapai satu demi satu bebatuan dengan nafas yang sudah tinggal penghabisan...yeyyyyyy saya sampai puncak bersorak riang gembira sendirian, membuat beberapa pendaki melihat kearah saya, saat itu saya tersadar sedang bersorak seorang diri karena suami masih dibawah...argggggghhhhh isin pisan coyyyyy.
Tak lama kemudian suami muncul dipuncak..langsung berkaca-kaca memeluk saya erat-erat, so sweet banget pokoknya mah, seperti di pilem-pilem Korea.

Lupakan pilem Korea..karena pendakian berikutnya saya menjadi strong..kaga ada lagi acara peluk-pelukan dipuncak kecuali foto-foto...ahahhahaha..cmiwwwwww.

Lanjut ke cerita pendakian kali ini,
Singkat kata, sampailah kami dipuncak...bahagiaaaaa bisa menghirup udara dipuncak sedalam-dalamnya...uuuggghhhhhhh tersalurkan sudah rindu pada bau-bau puncak nan menggoda.

Sepuas-puasnya saya dan suami berikan waktu di puncak untuk Ade, Tiara, Don, Dadung, Opi..dan kamipun ngopi-ngopi menikmati suasana nan cerah dipuncak.


Puncak Ciremai 3078 MDPL







Setelah sangat puas diatas puncak, kamipun turun menuju tempat mendirikan tenda.
Sat set sat setttttt....turun mah kita cepet gak seperti waktu naik..kwkw.

Sampai ditenda langsung masak memasak..menu kali ini nasi, nugget, dan bakwan + bumbu pecel.
Setelah selesai makan, kami berniat istirahat sejenak dan berkemas-kemas untuk pulang, namun apa hendak dikata, takdir berkata lain...hujanpun turun, hingga kami memutuskan jika jam 8 malam hujan belum reda mau tidak mau harus berkemas dan pulang.

Ya ya ya...jam 8 belum reda akhirnya acara bongkar tenda dalam keadaan hujan.
Jam 10 malam kami pun memulai perjalanan turun malam hari dalam keadaan masih gerimis.
Lancarkah ??? lancar...tapi telapak kaki saya mulai tersiksa akibat sepatu basah, semakin menderitalah nasib kaki saya berada diatas cetakan kue balok.

Tak lama kemudian.....muncullah sekelebat-sekelebat mulai mengganggu perjalanan ini.
Saya tak pernah peduli dengan kemunculan sekelebat dalam setiap pendakian, selalu banyak berdoa.
Namun......suara Tiara tiba-tiba mengejutkan kami semua, aw aw....dia melihat penampakan yang sempat saya lihat mendekati Tiara.
Tiara ketakutan, saya menenangkan Tiara dengan menyoroti kearah penampakan itu, memberitahu Tiara bahwa penampakannya sudah tidak ada (walau saya merasakan si penampakan masih ada disana..kwkwk).

Karena kejadian itu, saya yang tak mau peduli dengan sekelebat yang muncul akhirnya terus menyoroti dengan senter setiap hal-hal yang mencurigakan kuatir penampakan itu muncul, berharap Tiara bisa berjalan dengan tenang..namun si dia beberapakali muncul kembali membuat Tiara takut.
Helowwwwww penampakan, over acting pisan sih !! sini loe kalo berani, gue bakal ngacirrrrrr !! hiyyyyyy.

Selama perjalanan ini saya sama sekali  tidak melihat bentuknya, namun merasakan sliwar-sliwer disekitaran berwarna putih, ada juga yang hitam besar..tapi tidak tau seperti apa bentuknya. 
Santai saja...selagi banyak orang aku mah kaga takut...ah masaaa ?? takut sih..sedikit.

Setelah perjalanan melelahkan kamipun sampai di Cigowong, yessssss warung buka walau tengah malam, saya laparrrrrrrrrrrr !! 
Dengan segera memesan makanan yang bisa secepat kilat berada dihadapan saya..taraaaaa !!! nasi dan telor ceplok !! (horeeeee..makanan favorit akoh nih coyyyy).
Tak disangka...setelah ceploknya habis ternyata si akoh ini masih lapar juga, tambah satu lagi Pop Me !! 

Sebenarnya udah nyangka sih bakal nambah, secara akoh kan doyan makan dan ngemil, hal inilah yang membuat para wanita tersirik-sirik dan terkagum-kagum pada diriku..makan dan ngemilnya banyak tapi gak gemuk-gemuk sih !! 
Jangan terpana gitu donk !! akoh langsing karena cacingan !! kadang-kadang juga nagaan !! puassss !!! wekkksssss.

Lalu Tiara minta ditemani buang air kecil.
Ketika saya lagi pasang aksi berdiri manjah menanti Tiara..ehhhh Hayati yang satu ini minta pindah tempat dari dekat pohon ke pinggir shelter..baiklah Hayati terserah loe aje ! (sepertinya doi ketakutan melihat sesuatu).

Baiklah..dengan penuh cinta ku menunggu Hayati pipis, namun......eittttsssssss, wowwwww, ugghhhhh, oh tidakkkk, OMG ada dua mata memandang saya dikejauhan, saya sorot dengan senter tapi tak terlihat apa-apa, hanya matanya saja yang terlihat tajam memandang kearah saya..setajam siletttt !! (kalau kurang tajam tolong diasah dulu !!)
Setelah Tiara selesai, dia mengajak tergesa-gesa menuju warung, sedangkan saya masih penasaran dengan mata itu, terus-terusan saya sorot dengan senter , dan mata itu mendekat semakin mendekati kami.

Ternayata Tiara juga melihat apa yang saya lihat.
Terjadilah kerusuhan antara saya dan Tiara, saya masih dengan rasa penasaran sedangkan Tiara semakin tergesa menarik-narik tangan saya, 
- Ayo tante ayooo..
- Iihhhh itu apa ra ??
- Aduhh tanteee..ayooo
- Itu tambah deket !
- Iya iya tau.
- Bla..bla..bla....entahlah sebenarnya saya lupa waktu itu kita ngoceh-ngoceh apa, intinya seperti itulah kira-kira (kira-kira sendiri aja lah gaes)...yang satu keukeuh pengen liat, yang satunya keukeuh narik-narik, terjadilah keributan yang mengarah pada terjadinya perang dunia ?%&$#@.

Sampai diwarung kami langsung duduk cantik seolah-olah tidak pernah terjadi apa-apa..kok bisa gitu ya kita ??!! bisa donk..pemain sinetron gitu loh.

Setelah selesai makan semua, kamipun melanjutkan perjalanan....Bismillah...seperti yang sudah-sudah perjalanan malam dijalur ini agak-agak serem gimanaaaaa gituuuu.
Tapi ya sudahlah..saya agak mengabaikan hal-hal serem karena kaki sudah semakin menyakitkan jiwa raga...huaaaaaaaaa.

Bener nih bisa mengabaikan ??? tentu tidak !!
Saat melewati Kalimati, saya terkejut saat senter menyorot kearah bawah, terlihat jelas ada bekas injakan telapak kaki tapi polos tanpa jari..2x-3x ukuran kaki normal laki-laki.
Berkali-kali saya sorot hingga dekat, dan saya tidak salah liat, itu memang bekas telapak kaki.
Saya sempat berkata pada orang dibelakang (entah Dadung atau Opi), itu liat telapak kaki besar banget !!
Dan setelahnya saya langsung merasa mual, lalu meminta break !!
Setelah itu lanjut lagi perjalanan, mulailah kini kaki-kaki tak bisa diajak kompromi.

Awalnya masih saya tahan-tahan terus, walau sakitnya sudah luar biasa. 
Ujung jari sudah berasa lecet parah dan mengenai kuku...arghhhhh, apakah akan terulang kembali dijalur ini kuku lebam-lebam dan akhirnya sepatu terpaksa dicopot sehingga berjalan dengan kaos kaki saja ???? Ooohhhhhh tentu tidakkk, tidak, dan tidak !! itu yg ada dibenak saya sepanjang perjalanan.

Namun apadaya, dipaksa-paksa malah tambah sengsara, benak sayapun sudah tak bisa diajak kerjasama..sudah ingin nangis rasanya, mau nangis tapi muka suami lagi jutek ganteng karena kakinya pun sedang bermasalah.

Akhirnya diturunan terjal penuh bebatuan saya sudah tak kuasa lagi menahan derita, lepas sepatu deh si gue ini !!! horeeeeee..prokkkk..prokkk..prokkkk..!! Capedehhhhh.

Finally..hanya berjalan dengan menggunakan kaos kaki saja, sejarahpun terulang kembali dijalur Palutungan ooohhhhh Palutungan..kenapa sentimen amat sama jari gue ??!!!
Tau gak sih loe !! jari gue bentuknya sudah aneh !! Lantaran loe sentimen, tambah anehlah penampakan jari gue, lebih aneh dari penampakan yang sliwar-sliwer tadi !! kezelllll !!

So..segala jenis akar, ranting, batu saya terabas saja...kaki kembali strong saat pakai kaos kaki, namun sesekali kembali tersiksa jika ujung jari menabrak akar dan batu..watawwwwww !! (ingin rasanya kembali jadi balita agar bisa nangis-nangis bergulingan ditanah).


Kamipun sampai di Ipukan dengan penampakan sudah seperti orang-orangan sawah..cihuuyyyyy.
Alhamdulillah...secara keseluruhan pendakian ini sangat lancar dan sangat menyenangkan.












Photo by Desi, Nono, Ade, Tiara, Opi, Dadung, Oman




http://adventuresenja.blogspot.co.id/p/contact.html

http://adventuresenja.blogspot.co.id/p/about.html

Subscribe to receive free email updates:

109 Responses to "Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan (Setelah cuti mendaki selama 1 tahun)"

  1. wah seru banget cerita pendakianya mbak, apalagi ada horrornya itu :D, setelah satu tahun cuti ahirnya bisa mendaki lagi pasti seneng banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita horor selalu seru utk disimak, walau sebenernya sy ga mau mengalami hal itu..kwkw.

      Alhamdulillah..seneng banget nih, badan jadi enak..ga sakit" lagi..hehe.

      Delete
  2. Hebat kakak, hahaha. Akhirnya update blog juga, sudah lama ditunggu-tunggu cerita selanjutnya :D

    ReplyDelete
  3. Wwkkkkkwkkkk ... πŸ˜‚!
    Maaf kak aku jadi ngakak baca tulisan kak Desi 'rasanya pengin nangis guling-guling' ..., jangan sampai banjir air mata lantainya, ya πŸ˜…

    Benar sih ya beaya sekolah jaman sekarang itu tinggi banget, mana kak Desi punya anak 4.

    Cukup lama jarang ngeblog, sekalinya muncul wooouw panjang banget artikelnya.
    Sepertinya energi menulis tertuang semua disini.
    Keren itu, kak πŸ‘!

    ReplyDelete
  4. Sungguh luar biasa semangat berpetualangannya, khususnya dalam mendaki. saya saja sudah pensiun lama, semenjak nafas semakin terasa menua.

    ReplyDelete
  5. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : AJOQQ.INFO

    ReplyDelete
  6. Bagi Anda Yang Tengah Mencari Situs Judi Online Terpercaya Serta Memberikan Banyak Keuntungan Dan Menyediakan Berbagai Jenis Permainan, Jawabannya Adalah AgenS128.

    AgenS128 Menyediakan Berbagai Jenis Promo Bonus Yang Sangat Menguntungkan Para Pemain Mulai Dari Bonus New Member, Bonus Deposit, Bonus Cashback, Bonus Rollingan Casino, Diskon Togel, Bonus Welcome, Hingga Bonus Referal Yang Pastinya Sangat Memanjakan Anda Ketika Bermain Judi Online Bersama AgenS128.

    AgenS128 Sudah Pasti Didukung Oleh Beberapa Bank Lokal Ternama Untuk Memudahkan Anda Melakukan Transaksi Seperti Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Serta Danamon. Tak Hanya Bisa Melakukan Transaksi Melalaui Bank Saja, Anda Juga Dapat Melakukan Transaksi Via Pulsa Maupun OVO.

    Sabung Ayam Online
    Link Alternatif Sbobet
    Icetuna
    Sabung Ayam Online
    Login Sabung Ayam
    Login Sabung Ayam S128
    Sabung Ayam S128
    Link Sbobet
    Main Slot Online

    Bagi Anda Yang Tertarik Untuk Bergabung, Anda Bisa Langsung Menghubungi AgenS128 Melalui Beberapa Kontak Resminya
    Website : http://165.22.61.70/
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line ID : agens1288

    ReplyDelete
  7. Mau tau prediksi togel Singapore / SGP yang jitu dan akurat ?
    Hanya di Armani69.com yang menyediakan semua itu.
    Langsung saja di Cek Prediksi Togel SGP Jitu Hari ini:
    Bocoran Keluaran Togel SGP Hari Ini Sabtu 31 Agustus 2019

    ReplyDelete
  8. Mau tau prediksi togel Singapore / SGP yang jitu dan akurat ?
    Hanya di Armani69.com yang menyediakan semua itu.
    Langsung saja di Cek Prediksi Togel SGP Jitu Hari ini:
    Bocoran Keluaran Togel HK Hari Ini Jumat 30 Agustus 2019

    ReplyDelete
  9. Mau tau prediksi togel Hongkong / HK yang jitu dan akurat ?
    Hanya di Armani69.com dan Armani777.com yang menyediakan semua itu.
    Langsung saja di Cek Prediksi Togel HK Jitu Hari ini:

    Sumber Armani69.com :
    Prediksi Bocoran Togel Hongkong Hari Ini Minggu 1 September 2019

    Sumber Armani777.com :
    Bocoran Prediksi Togel Hongkong Hari Ini Minggu 1 September 2019

    ReplyDelete
  10. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 7 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Poker
    - Domino
    - Ceme
    - Capsa Sususn
    - Ceme Keliling
    - Super TEN (New)
    - Omaha (New)


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 10.000
    * Minimal Withdraw : 50.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 10 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.5 % Dibagikan Setiap Hari Kamis
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem Keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support 4 bank LOKAL


    Contact Us
    Website Armani Poker
    WA : +6287830298557
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    Daftar Armani Poker
    Keyword : Agen Domino Terpercaya

    ReplyDelete
  11. Mau tau prediksi Togel HONGKONG / HK yang jitu dan akurat ?
    Hanya di Armani69.com dan Armani777.com yang menyediakan semua itu.
    Langsung saja di Cek Prediksi Togel HK Jitu Hari ini:

    Sumber Armani69.com :
    Prediksi Bocoran Togel HONGKONG Hari Ini Senin 9 September 2019

    Sumber Armani777.com :
    Bocoran Togel HONGKONG Malam Hari Ini Senin 9 September 2019

    ReplyDelete
  12. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA
    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 7 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Poker
    - Domino
    - Ceme
    - Capsa Sususn
    - Ceme Keliling
    - Super TEN (New)
    - Omaha (New)


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 10.000
    * Minimal Withdraw : 50.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 10 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan Setiap Hari Kamis
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem Keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support 4 bank LOKAL


    Contact Us
    Website Poker Semi
    WA : +6287830298557
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    Daftar Poker Semi
    Keyword : Agen Domino Terpercaya

    ReplyDelete
  13. Fifa4D, Agen Togel, Bandar Togel, Casino Online Terpercaya

    Menghadirkan pasaran togel resmi dan games casino online yang seru yang dapat anda bermain di dalam nya dengan kenyamanan dan keamanan yang sangat terjamin

    Bonus dan discount menarik yang menanti anda di Kasir4D
    Bonus New Member Maximal 100.000
    Bonus Deposit Harian 5.000
    Bonus Turn Over 5% Up 10%
    Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya Menanti Anda

    Jadwal Tutup Pasaran Togel :
    Pasaran Sydney
    Tutup : 12.20 WIB & Buka : 14.00 WIB
    Pasaran Singapore
    Tutup : 17.20 WIB & Buka : 17.45 WIB
    Pasaran Hongkong
    Tutup : 22.10 WIB & Buka : 23.00 WIB

    Kunjungi :
    Webiste : Fifa4d
    What's App : +62 831-6511-5420
    Link Official:
    http://fifajitu.com
    http://fifajitu.life
    http://fifajitu.site

    ReplyDelete
  14. ERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 7 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Poker
    - Domino
    - Ceme
    - Capsa Sususn
    - Ceme Keliling
    - Super TEN (New)
    - Omaha (New)


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 10.000
    * Minimal Withdraw : 50.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 10 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3% Dibagikan Setiap Hari Kamis
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem Keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support 4 bank LOKAL


    Contact Us
    Website Warung Poker 188
    WA : +6287830298557
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    Daftar Warung Poker 188
    Keyword : Agen Domino Terpercaya

    ReplyDelete
  15. JavaOnline99 merupakan situs game online terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan banyak permainan
    Denga Bonus New Member 20%
    Bonus CashBack Up To 15%
    Bonus Referral 10.000 Hanya dengan Menjadi referral dan mengajak orang lain untuk daftar dan bermain.
    Casino Online
    Taruhan Bola
    JavaOnline99
    Bola Online
    idnlive
    IDNSports
    Slot Game
    LIVE GAME
    Poker Online
    Poker
    Sportsbook

    ReplyDelete
  16. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 7 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Poker
    - Domino
    - Ceme
    - Capsa Sususn
    - Ceme Keliling
    - Super TEN (New)
    - Omaha (New)


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 10.000
    * Minimal Withdraw : 50.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 10 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3% Dibagikan Setiap Hari Kamis
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem Keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support 4 bank LOKAL


    Contact Us
    Website Warung Poker 188
    WA : +6287830298557
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    Daftar Warung Poker 188
    Keyword : Agen Domino Terpercaya

    ReplyDelete
  17. "Cari Situs Slot,Sportsbook,Tangkas,Poker yang bisa deppsit via pulsa ?
    Saya akan kasih kalian bocoran situs yang memang sudah 100% terpercaya ya
    Untuk Review : Agen Slot Deposit Pulsa
    Untuk Situs Login : Agen Slot Deposit Pulsa
    Untuk Situs Support : Game Pulsa Online
    Game Slot PG Soft : Slot PG Soft Deposit Pulsa

    Komunitas Palaporan Situs Judi Online Penipu - POLISIIDNPK
    Langsung Daftar dan dapatkan Bonus New Member 30.000 Langsung guys."

    ReplyDelete
  18. "Cari Situs Slot,Sportsbook,Tangkas,Poker yang bisa deppsit via pulsa ?
    Saya akan kasih kalian bocoran situs yang memang sudah 100% terpercaya ya
    Untuk Review : Agen Slot Deposit Pulsa
    Untuk Situs Login : Agen Slot Deposit Pulsa
    Untuk Situs Support : Game Pulsa Online
    Game Slot PG Soft : Slot PG Soft Deposit Pulsa

    Komunitas Palaporan Situs Judi Online Penipu - POLISIIDNPK
    Langsung Daftar dan dapatkan Bonus New Member 30.000 Langsung guys."

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Masih Sering kalah main Poker Online?Ingin gampang menang? Masih Bingung Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ??

    Di sinilah tempatnya MEJAONLINE, Dengan Server IDN Yang Ternama Situs Taruhan Judi poker Paling Rekomendasi Banget Niih !!!

    - BONUS PERDANA NEW MEMBER :
    DEPO 50RB MENDAPATKAN 10RB
    DEPO 100RB MENDAPATKAN 20RB
    DEPO 250RB MENDAPATKAN 30RB
    DEPO 500RB MENDAPATKAN 40RB
    DEPO 1JUTA MENDAPATKAN 50RB

    - BONUS TURNOVER 0.4% SETIAP HARI SENIN
    - BONUS REFFERAL 20 % DI BAGIKAN SETIAP HARI KAMIS

    - LINK DAFTAR : https://bit.ly/31eLqIv


    INFO LEBIH LANJUT :

    WhatsApp : +855964594816
    LINK : www.mejaonline01. com
    LINK : www.mehaonline02. com


    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  23. Kasir4D, Agen Togel, Bandar Togel, Casino Online Terpercaya

    Menghadirkan TOGEL & CASINO LIVE GAMES ONLINE Dengan Diskon Dan Bonus Terbesar.
    Keamanan dan Kenyamanan Member adalah Prioritas Kami.

    Nikmati Bonus dan Promo menarik yang menanti anda di Kasir4D.
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Cashback 5% Up 15%
    Bonus Refferal 2% Setiap harinya
    Bonus Bulanan Turn Over
    Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya Menanti Anda

    Jadwal Tutup Pasaran Togel :
    Pasaran Sydney
    Tutup : 12.20 WIB & Buka : 14.00 WIB
    Pasaran Singapore
    Tutup : 17.20 WIB & Buka : 17.45 WIB
    Pasaran Hongkong
    Tutup : 22.10 WIB & Buka : 23.00 WIB

    Kunjungi :
    Webiste : Kasir4D
    What's App : +855974247219
    TELEGRAM : +6281393706188
    LINE : kasir4dtogel
    Facebook : Kasir4D
    Twitter : Kasir4D
    Prediksi : PREDIKSI TOGEL
    Link Alternatif : Kasir4D


    Agen Togel Online
    Casino Online
    Domino99
    BandarQ

    ReplyDelete
  24. BUKTIKAN SAJA DI CAFESLOTS777
    BONUS πŸ’―% TANPA RIBET & NYATA JACKPOTNYA!!! di CAFESLOTS777
    • Bonus New Member 100% Cafeslots777
    • Bonus Setiap Deposit 20% Maksimal Bonusnya 2.000.000,-
    • Bonus Cash Back 5% TANPA BATAS MAKSIMAL !!!
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    REGISTER : www.cafeslots777.co
    WA : 082384855858
    Line : CafeSlot777
    judi slot
    main slot
    slot online
    bandar slot
    cafeslots777

    ReplyDelete
  25. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Whatshapp : +855969190856
    website : AJOQQ.INFO

    ReplyDelete
  26. Prediksi togel hongΔ·ong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.fun/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-01-desember-2019/

    https://www.klik4d.fun/kumpulan-makna-mimpi-bernyanyi-dalam-togel/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  27. JavaOnline99 merupakan situs game online terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan banyak permainan game seperti :
    Deposit Via OVO
    Slot Game Indonesia
    Casino Online Indonesia
    Bola Online Indonesia
    Casino Online
    taruhan bola
    JavaOnline99
    Bola online
    idnlive
    IDNSports

    JavaOnline99 merupakan situs game online terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan banyak permainan game seperti :
    #agenidnsport
    #bolaonline
    #bolaonlineindonesia
    #casinoonline
    #casinoonlineindonesia
    #depositviaovo
    #idnlive
    #idnpoker
    #idnsports
    #judibola
    #judicasino
    #judislot
    #livecasino
    #pokeronline
    #slotgame
    #slotgameindonesia
    #slotonline
    #taruhanbola
    #tembakikan
    Buruan Daftar Untuk mendapatkan Bonus new Member 20%

    ReplyDelete
  28. ItuKasino - Agen Judi Bola - Slot - Judi Poker - IDNLive - Sicbo - Baccarat - LiveCasino

    Minimal Deposit & Withdraw Rp. 25.000,- / Rp.50.000,-

    - Bonus Cashback Sportsbook 5% setiap Senin
    - Bonus Rollingan Live Casino 1% setiap Senin
    - Bonus Rollingan IDN Live 1% Setiap Senin
    - Bonus Cashback Slot Games 5% Setiap Senin
    - Bonus Referral 1-5% setiap selasa
    - Bonus Cashback Poker 0.3% setiap Kamis

    Kontak Kami :
    WhatsApp : +85593790515

    Pusat Bantuan ituKasino :
    • https://linktr.ee/itukasino

    Link Alternatif ituKasino :
    • http://bit.ly/tricksjoker

    Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    • Telkomsel , XL axiata
    • Ovo , Gopay

    Agen Taruhan Judi Teraman, Situs Taruhan Judi Teraman, Agen Judi Bola, Agen Judi Bola Online, Agen Bola Online, Agen Sportsbook, Judi Casino, Agen Judi Casino, Agen Casino Online, Agen Live Casino Terpercaya, Agen Judi Poker, Judi Poker, Agen Poker Online, Agen Judi Domino, Agen Domino Online, Agen Bandar Domino, Agen Bandar QQ, Agen Bandar Poker, Agen Bandar Ceme,

    #agenonline, #agenjudionline, #judionline, #agentaruhanjudionline, #situstaruhanjudi, #sportsbook, #casino, #pokeronline, #agenbola, #agentaruhanbola, #agentaruhanonline, #agenjuditerpercaya, #agenjudibola, #agenpoker, #bursataruhan, #taruhanbola, #taruhanonline, #taruhanjudibola,

    ReplyDelete
  29. ituQQ Situs POKER DominoQQ ONLINE | AGEN JUDI ONLINE | AGEN BANDAR TERPERCAYA | Agen BandarQ ONLINE | Sakong Online | Judi DominoQQ | BandarPoker | AduQ Online | Capsa Susun | Bandar66 Online | Poker Texas Indonesia

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
    1 ID untuk 8 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituQQ

    * Domino99
    * AduQ
    * Poker
    * Capsa Susun
    * BandarQ
    * Bandar 66
    * Bandar Poker
    * Sakong

    => Bonus Cashback 0.5% (dibagikan 2x setiap Minggunya)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Minimal Depo & WD - 50.000 Ribu & 100.000 Ribu
    => Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Permata Bank, Etc)
    => Menerima Deposit Via : (OVO, Go-Jek, XL, TELKOMSEL, Axis, Etc)
    => 100 % FAIR PLAY (tidak ada BOT / ADMIN dalam permainan)

    * Pusat Bantuan ituQQ

    LINE : ituQQ
    WECHAT : ituQQQ
    WHATSAPP : +855-9589-7137

    * ituBola - Judi Bola - Judi Casino - Judi Poker - Judi Domino QQ
    * ituCasino - Judi Casino - Judi Bola - Judi Poker - Judi Domino QQ

    ReplyDelete
  30. Agen Judi Togel Online Terbesar Indonesia RotiTogel merupakan Bandar togel terpercaya
    yang melayani seluruh pe judi online togel dan permainan online togel di indonesia

    PROMO TOGEL POOLS

    2D = 29%
    3D = 59%
    4D = 66%

    PROMO TOGEL / 2D / 3D / 4D

    KAMI AKAN MEMBERIKAN BONUS HARIAN 5% BAGI MEMBER YANG HOBI BERMAIN DI ROTI TOGEL
    DAN BONUS CASH BACK UP 7% BAGI MEMBER YANG KALAH BERMAIN DI PERMAINAN LIVE GAME

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI CUSTOMER SERVICE KAMI
    ATAU DI WHATSAAP KAMI +62-822-6848-6723

    rotitogel
    bandar togel
    judi togel
    live casino
    live game
    togel singapore
    togel hongkong
    togel sydney
    togel sydney
    togel rusia
    togel osaka

    ReplyDelete
  31. Salam kunjungan dan follow disini ya. Salam kenal dari Malaysia :)

    ReplyDelete
  32. Agen Domino Terpercaya Zumapoker
    ZumaQQ Memang yang terbaik di kelas judi poker online
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus New member 30% nya sekarang juga
    1 user id 7 game terfavorit
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  33. Kasir4D, Agen Togel, Bandar Togel, Casino Online Terpercaya

    Menghadirkan TOGEL & CASINO LIVE GAMES ONLINE Dengan Diskon Dan Bonus Terbesar.
    Keamanan dan Kenyamanan Member adalah Prioritas Kami.

    Nikmati Bonus dan Promo menarik yang menanti anda di Kasir4D.
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Cashback 5% Up 15%
    Bonus Refferal 2% Setiap harinya
    Bonus Bulanan Turn Over
    Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya Menanti Anda

    Jadwal Tutup Pasaran Togel :
    Pasaran Sydney
    Tutup : 12.20 WIB & Buka : 14.00 WIB
    Pasaran Singapore
    Tutup : 17.20 WIB & Buka : 17.45 WIB
    Pasaran Hongkong
    Tutup : 22.10 WIB & Buka : 23.00 WIB

    Kunjungi :
    Webiste : Kasir4D
    What's App : +855974247219
    TELEGRAM : +6281393706188
    LINE : kasir4dtogel
    Facebook : Kasir4D
    Twitter : Kasir4D
    Prediksi : PREDIKSI TOGEL
    Link Alternatif : Kasir4D


    Agen Togel Online
    Casino Online
    Domino99
    BandarQ

    ReplyDelete
  34. Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada ABAH BATARA saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs ABAH BATARA sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan ABAH BATARA menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak ABAH
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat ABAH,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik ABAH.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;ABAH BATARA~~~

    Call: 085 298 121 756

    WhatsApp: +6285298121756

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------



















    Bpk. Indra Nasution Dari medan

    SALAM KENAL SEMUA...!!!

    "Inilah kisah nyata kami. tampa rekayasa"
    Terlebih dahulu saya sekeluarga mengucapkan banyak Trimakasih Kepada Bapak KH.Fatullah Harun
    Yang tlah membantu kami sekeluarga. Syukur "ALHAMDULILLAH" Hal yg tidak pernah terbayangkan
    dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti sekarang ini.
    Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap
    dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan.
    Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu.
    dan tetangga saya menyarankan untuk minta bantuan kepada "Bpk. haji"
    katanya dia dulu juga dibantu sama beliau melalui (PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL)
    Dan alhamdulillah bisa seperti sekarang.orang paling sukses dikampung kami
    Saya pun minta nomor telpon pak KH.Fatullah Harun dan pulang kerumah untuk menghubunginya
    menceritakan penderitaan kami sekeluarga dan Alhamdulillah beliau bersedia membantu kami
    Dengan -PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL- Inilah pertama kalinya Saya melihat uang sebanyak ini
    kami sudah bisa bayar hutang-hutang kami dan sudah bisa buka usaha dan Alhamdulillah sampai sekarang
    kami bisa menjadi orang sukses berkat bantuan Bpk. KH.Fatullah Harun
    inilah kisah nyata kami Tampa REKAYASA.
    Mudah-mudahan kisah hidup kami. bisa membantu saudara/saudari semua:

    ----------KH.Fatullah Harun....AHLI SPIRITUAL---------------
    Bisa membantu permasalahan anda sebagai berikut dibawah ini:

    1. PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL
    2. TRANSPER JANIN / ABORSI AMAN TAMPA DI SENTUH
    3. PINJAMAN DANA GAIB
    4. PELET PEMIKAT LAWAN JENIS

    Atau lebih jelasnya Hubungi:
    KH.Fatullah Harun no.Hp: 0823 5221 8228 whatsApp: 082352218228

    kunjungi WEB resmi beliau di bawah ini:
    Klik=> AHLI SPIRITUAL TERPERCAYA






    terimakasih yg punya room

    ReplyDelete
  35. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  36. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  37. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  38. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  39. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  40. Bagi kalian ingin main slot online tapi tidak punya modal, Sekarang main slot online bisa tanpa modal loh, cek reviewnya deh disini blog ini http://caramenangslot.com/

    ReplyDelete
  41. Agen Poker DominoQQ
    Zumapoker
    Zumapoker Memang yang terbaik di kelas Poker Online DominoQQ
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI ZUMAPOKER
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000

    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : masterbets188.sit

    ReplyDelete
  42. Agen Slot Deposit Pulsa ArmaniToto
    ArmaniAngka Memang yang terbaik di kelas judi Togel & Slot online
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  43. Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188
    Masterbet188 Memang yang terbaik di kelas judi Togel & Slot online
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERSLOT188
    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI
    ✅ BONUS UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 81%
    ✅ AXIS, RATE 90%
    ✅ XL, RATE 90%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : masterbets188.site

    ReplyDelete
  44. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di kelas judi Togel & Slot online
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  45. Agen Slot Deposit Pulsa ArmaniToto
    Armanitoto Memang yang terbaik di kelas judi Togel & Slot online
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  46. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  47. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  48. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  49. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  50. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  51. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  52. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  53. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete

  54. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  55. Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERSLOT188
    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI
    ✅ BONUS UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 81%
    ✅ AXIS, RATE 90%
    ✅ XL, RATE 90%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  56. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  57. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  58. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  59. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  60. ZumaQQ adalah situs judi online yang menyediakan deposit via pulsa telkomsel dan juga xl/axis
    Dengan keunggulan tersebut memudahkan membernya dalam melakukan deposit
    Sehingga sangat banyak sekali bettor judi online yang bermain disini
    Agen Domino Terpercaya dengan bonus new member 30%
    WA : +6281263106553

    ReplyDelete
  61. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    �� Whatsapp: +6281263106553
    �� Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  62. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  63. Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Kamis)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 15.000 Dan Minimal Withdraw Rp 50.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club | pkvarmani88.life | armaniqqs.site

    Agen Domino Terpercaya
    Agen Bandarq Terpercaya

    ReplyDelete
  64. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    �� Whatsapp: +6281263106553
    �� Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  65. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  66. Agen Poker Online DominoQQ zumapoker
    zumapoker Memang yang terbaik di Poker ONline
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI zumapoker
    ✅ BONUS NEW MEMBER 30%
    ✅ BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    ✅ MINIMAL DEPOSIT 25.000
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, RATE 85%
    ✅ AXIS, RATE 91%
    ✅ XL, RATE 91%
    ✅ OVO, RATE 0%

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281263106553
    🌏 Link 1 : zumapokers.com

    ReplyDelete
  67. Selamat Datang Di Situs Agen Slot Deposit Pulsa armanitoto
    disini menyediakan permainan berupa slot dan togel
    Armanitoto juga menyediakan berbagai macam promo yang menarik,seperti :
    Bonus cashback 3%
    Bonus cashback spesial slot 5%
    Bonus Referral Terbesar
    WA : +6283165115420

    ReplyDelete
  68. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  69. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  70. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  71. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  72. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  73. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  74. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  75. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  76. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  77. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  78. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  79. Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

    Agen Domino Terpercaya
    Agen Bandarq Terpercaya

    ReplyDelete
  80. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  81. Cari dana tambahan tanpa harus pusing
    Agen Slot Deposit Pulsa Masterbet188 solusinya

    bingung cari agen bisa Depo/Wd pakai OVO sini yukkk mampir
    Bisa lhooo di MASTERBET188
    Pakai rek DANA juga bisa lho πŸ™‚

    🎲 Depo pulsa πŸ‘‰ 10.000
    🎲 Depo Tf πŸ‘‰ 25.000
    🎲 Withdraw πŸ‘‰ 50.000

    Info lebih lanjut hubungi πŸ‘‡

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. masterbets188 .site

    ReplyDelete
  82. PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    Poker online terpercaya
    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  83. Hanya di masterbet188

    Agen slot deposit pulsa tanpa potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT
    .
    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188
    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    �� Whatsapp: +6281397628286
    �� Line : Masterbet188
    �� Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete
  84. Hanya di masterbet188

    Agen Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT

    #Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188
    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    πŸ“² Whatsapp: +6281397628286
    πŸ“² Line : Masterbet188
    🌏 Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete
  85. Hanya di masterbet188

    Agen Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Promo setiap harinya.
    Nikmati bonus deposit harian sampai dengan 5JT

    #DepositPulsaTanpaPotongan

    Daftar Sekarang Juga dan dapatkan Bonus & Promo Menarik lainnya sekarang juga
    HANYA DI MASTERBET188

    ✅ WELCOME BONUS 20% SPORTBOOK & CASINO
    ✅ WELCOME BONUS 30% SLOT
    ✅ WELCOME BONUS 30 RIBU ALL GAME
    ✅ BONUS HARIAN 10%
    ✅ BONUS CASHBACK BERFARIASI UP TO 2%
    .
    DEPOSIT VIA PULSA
    ✅ TELKOMSEL, Tanpa Potongan
    ✅ AXIS, Tanpa Potongan
    ✅ XL,Tanpa Potongan
    ✅ OVO, Tanpa Potongan

    Hubungi Kami :
    �� Whatsapp: +6281397628286
    �� Line : Masterbet188
    �� Link 1 : www. aduslot .com

    ReplyDelete
  86. Masih sulit cari BO WD yang lancar??
    Yuk Join BO Tidak banyak Peraturan pada saat WD
    OMNIA303 adalah agen Game Deposit Pulsa Paling Murah se indonesia.
    {Satu AKun Untuk Semua Game:}
    {SLOT,TEMBAK IKAN}
    {CASINO LIVE}
    {SPORTBOOK SABA}
    Hadiah Togel:
    *4D:9800 *3D:980 *2D:98

    OMNIA303 bandar terpercaya
    -DEPO BANK LOKAL
    Minimal depo : 10 RB
    -PULSA XL TANPA POTONGAN
    Minimal depo: 25 RB
    -New Member Togel 10%
    -New Member Slot 50%
    -TO Bulanan SLOT
    -Cashback Mingguan SLOT

    Whatsapp:
    081294790469

    https://omniaspin.com

    ReplyDelete
  87. SUPER BIG PROMO DI SITUS SAHABAT KARTU
    =============================================
    Hai Teman - Teman Smuanya, Yang Hobi Bermain Judi Online
    Anda Merasa Capek, DEPOSIT Teruss..Tapi Tidak Pernah Withdraw ?
    =============================================
    Nikmati Seluruh Game Berkualitas & Raih Kemenangan Anda Di SAHABAT KARTU!!
    Game Yang di Hadirkan SAHABAT KARTU Yaitu :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * BANDAR66
    * AduQ
    * Sakong
    * Perang Baccarat
    * Perang Dadu
    ==========================================
    SPECIAL PROMO KHUSUS MEMBER SETIA SAHABAT KARTU
    - Minimal DP & WD Cuma Rp. 20.000
    - BONUS CASHBACK 0.5% ( Setiap Hari Senin )
    - REFERRAL 20% ( Seumur Hidup )
    - 100% NON ROBOT & 100% TANPA ADMIN BERMAIN
    - 100% GAMPANG MENANG
    - JACKPOT HARIAN HINGGA JUTA RUPIAH
    - MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA TSEL
    ======================================
    AKSES KAMI DI LINK RESMI :
    - bagihoki99.com
    - bagihoki99.net
    - bagihoki99.org
    - bagihoki99.info
    =====================
    * Livechat : SAHABAT KARTU
    * LINE : Cs_sahabatkartu
    * Whatsapp : +855886427216

    Sahabatkartu: Situs Poker Online, DominoQQ, Domino99, BandarQ Terpercaya

    ReplyDelete
  88. sdomino99.org Merupakan Salah Satu Situs yang terpercaya Di Indonesia
    dominowin99 Memiliki Permainan Yang Mudah Dimainkan & 100% Mudah Menang Lohh..
    Cukup Dengan 1 USER ID Anda Bisa Bermain 10 GAME Berkualitas :
    * Poker
    * Domino99
    * AduQ
    * Capsa Susun
    * Sakong
    * Bandar Poker
    * BANDARQ ONLINE
    * BANDAR66 ONLINE
    * Perang Baccarat
    * Perang Dadu ( New Game )
    +++++++++++++++++++++++++++++++
    AKSES LINK ALTERNATIF TERBARU :
    - sdomino99.com
    - sdomino99net
    - sdomino99.org
    - sdomino99.info

    < Contact Us >
    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    W.A : +6285974599065


    Sahabatdomino : Situs QQ Online, Agen Domino99 dan BandarQ Online Terbesar Di Asia

    ReplyDelete
  89. MEGAPOKER88 adalah situs permainan kartu Online terlengkap aman dan terpercaya dengan server kualitas terbaik dan tercepat tanpa admin ataupun robot yang ikut bermain bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete