Wisata Religi ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon


Makam Sunan Gunung Jati terletak di desa Astana, kecamatan Gunung Jati, kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Akses menuju tempat ini tidak sulit, berada disebelah kiri jalan pantura yang menghubungkan kota Cirebon dengan Indramayu, tepatnya disebuah bukit bernama Gunung Sembung sekitar 5 km dari pusat kota Cirebon.



Nama asli Sunan Gunung Jati adalah Seikh Syarif Hidayatullah, merupakan salah satu dari sembilan wali (Wali Songo) sebagai penyebar agama islam di Jawa Barat.
Sunan Gunung Jati lahir tahun 1448 dan wafat tahun 1568 pada usianya yang ke 120 tahun, beliau merupakan keturunan bangsawan, ibunya adalah Nyai Rara Santang, puteri dari Prabu Siliwangi.

Seiring berjalannya waktu tempat pemakaman beliau ramai dikunjungi para peziarah yang bertujuan mendoakan dan mengenang jasa-jasa beliau yang telah mengenalkan agama islam.
Tempat ini tidak ramai dihari-hari tertentu saja seperti Jumat Kliwon, Maulud Nabi, dll..tapi ramai pula dihari-hari biasa, seperti yang saya lakukan pada kunjungan kali ini ke Makam Sunan Gunung Jati adalah hari biasa yaitu hari Senin.

Sebenarnya saya sudah sering ke Makam Gunung Jati, namun baru kali ini saya berkesempatan ingin menulis.
Harap dimaklum..saya hobi menulis namun tidak semua tempat atau hal bisa saya tulis semua disini dikarenakan mood..hehe.

Area komplek makam cukup luas sekitar 5 hektar, dan dipenuhi dengan makam-makam dari keturunan Sunan Gunung Jati.

Untuk lahan parkir sangat luas, berjajar pula penjual berupa souvenir, berbagai macam pakaian, perlengkapan ibadah, makanan khas, keperluan ziarah, dll.





Penjual Souvenir dll



Baiklah..kita mulai memasuki gapura kawasan makam.
Untuk masuk ke area Makam tidak dikenakan biaya sama sekali, alias gratis.
Namun didekat pintu tersedia kotak sumbangan yang bersifat seikhlasnya, dan kotak sumbangan ini sangat banyak jumlahnya diarea pemakaman yang kadang-kadang penjaganya agak memaksa meminta sumbangan, belum lagi anak-anak dan orang dewasa yang meminta-minta terus mengikuti..sungguh teramat sangat mengganggu sekali.
So...jika ingin menyumbang siapkan receh yang banyak.

Karena dalam kunjungan kali ini saya bersama seorang sahabat bernama Astuti yang memang dari keturunan Keraton Kanoman Cirebon dalam rangka mendampingi anak-anak dari sekolah si bungsu..peminta sumbangan dapat diatasi karena mereka tidak berani meminta ketika diberitahu bahwa kami rombongan dari Keraton Kanoman.

Keraton Kanoman sendiri bukanlah tempat yang asing bagi saya, karena saya sangat sering kesana, tapi hingga saat ini artikel tentang Keraton Kanoman belum pernah saya share, dua tahun lebih tersimpan dalam draft blog karena ada yang belum tuntas sesuai harapan saya. Skip.


 Masuk ke area makam


Setelah memasuki gapura, peziarah diminta untuk melepaskan sandal/sepatu demi kenyamanan dan kebersihan lingkungan makam.

Peziarah akan disuguhkan dengan bangunan arsitektur campuran Jawa, Cina, dan Arab.
Pada gapura dan atap bangunan adalah arsitektur Jawa berupa Limasan, dan juga ada ruangan bernama Balemangu Majapahit dan Balemangu Padjadjaran yang didalamnya terdapat hadiah yang dipersembahkan untuk Sunan Gunung Jati dari Demak dan Prabu Siliwangi.
Bagian dinding bangunan dihiasi dengan hiasan indah kaligrafi huruf Arab.
Guci, dan piring-piring keramik cantik arsitektur Cina tertempel didinding dengan berbagai ukuran dan tulisan serta gambar menjadi daya tarik tersendiri untuk dipandang.


 Bangunan dan hiasan diarea makam





Setelah itu mulai memasuki area bangunan menuju Pintu Pasujudan.
Ditempat ini terlihat beberapa makam dan sangat banyak orang yang melakukan doa dengan khusyu menghadap Pintu Pasujudan.
Silih berganti peziarah mengantri datang dan pergi dari Pintu Pasujudan ini.


 Pintu Pasujudan


Tak jauh dari Pintu Pasujudan terdapat area makam dengan sebuah pintu bernama Lawang Mergu, terdapat tempat bakaran dupa besar dari kuningan dengan ukiran naga, dan beberapa tempat dupa lainnya.
Disinilah tempat peziarah Tionghoa melakukan ziarah untuk Putri Ong Tien, istri Sunan Gunung Jati yang berasal dari Tionghoa/Cina.

Itulah sebabnya banyak benda-benda dari Cina di area makam, Putri Ong Tien membawa banyak keramik dari Cina ke Cirebon.
Walaupun umur benda-benda tersebut sudah ratusan tahun namun masih terpelihara dengan baik.

Letak kelebihan dari Makam Sunan Gunung Jati dibanding tempat ziarah lainnya, terlihat jelas toleransi beragama antara kaum muslim dan Tionghoa.


Lawang Mergu



Pintu  menuju bukit Gunung Sembung itu sendiri ada 9 pintu, yaitu : 1 Pintu Gapura, 2 Pintu Krapyak, 3 Pintu Pasujudan, 4 Pintu Ratnakomala, 5 Pintu Jinem, 6 Pintu Rararoga, 7 Pintu Kaca, 8 Pintu Bacem, dan 9 Pintu Teratai.

Katanya pengunjung hanya bisa masuk sampai pintu 5 saja, namun tidak menutup kemungkinan untuk sampai ke pintu 9, karena saya pun sampai ke pintu 9 yang sangat sepi dari peziarah..rasanya syahdu sekali bisa menikmati ketenangan dan berdoa dengan khusyu bersama guru dan anak-anak.

Menuju Pintu 9 yang sedikit menanjak, sangat banyak makam-makam dari keturunan Sunan Gunung Jati, semakin dekat makamnya dengan wali maka semakin dekat pula kekerabatannya. 


Menuju Pintu 9



Ketika sampai di pintu 9 saya hanya dibagian luarnya saja, tidak masuk pintu Makam Sunan Gunung Jati karena kawasan ini tidak diperbolehkan untuk sembarang orang, hanya diperbolehkan untuk para keturunannya saja yaitu dari keraton beserta juru kunci.
Kalaupun ada dari pihak luar yang bisa masuk, karena mendapat ijin dari pihak keraton dengan mahar jumlah tertentu, katanya sih sekitar 1jt-3jt.

Hal ini dikarenakan kawasan tersebut harus dijaga dan dirawat baik-baik karena banyaknya benda-benda berharga, jika orang bebas keluar masuk dikuatirkan benda-benda tersebut akan rusak dan hilang.
Maharpun diperuntukkan untuk pemeliharaan area makam agar tetap terawat.

Di makam Gunung Jati juga terdapat pasir Malela yang dibawa langsung dari Mekkah oleh Pangeran Cakrabuana.
Pangeran Cakrabuana adalah putera dari Prabu Siliwangi dari kerajaan Padjadjaran yang merupakan paman dari Sunan Gunung Jati, atas permintaan beliau siapapun yang keluar dari makam Gunung Jati harus membersihkan kaki agar pasir tidak terbawa keluar area makam.
Hal tersebut sangat beralasan, dikarenakan perjuangan kala itu membawa pasir Malela dari Mekkah sangat berat.

Disini kami semua khusyu berdoa, sesaat ada rasa ingin menangis namun saya tahan ketika pemimpin doa menyebutkan nama-nama Sunan Gunung Jati dan keturunannya, saya teringat orang-orang terdekat yang telah dulu meninggalkan saya untuk selama-lamanya.


Anak-anak membaca doa dengan khusyu di bukit gunung Sembung



Setelah doa selesai kami kembali turun, dan satu persatu mendapatkan air dari Gunung Jati untuk diminum.
Dan setelah itu saya berjalan-jalan santai memandangi satu persatu makam dan peninggalan-peninggalan yang ada disana.

Dari awal kedatangan hingga akhir melakukan ziarah saya merasa hati tentram, walau dimana-mana terdapat makam-makam kuno rasanya tak ada takut dan tak ada beban sedikitpun, karena niat saya memang hanya ingin mendampingi anak-anak dan berdoa dengan khusyu.

Datanglah dengan niat yang baik untuk ziarah dan mendoakan arwah para leluhur, jangan punya niat lain yang dapat merusak aqidah dengan perbuatan syirik. 

 Anak-anak ngantri minum



Astuti dan saya
 



Artikel Lainnya :

Traveler (Mountain Climbing) :
⏩ Gunung Ciremai via Palutungan (Pendakian dadakan yang bikin nyesek jempol kaki)
⏩ Gunung Ciremai via Apuy (Jalur Ciremai paling pendek yang aduhai)


http://www.javashe.com/2017/05/ver-88-eity-eight-original.html




Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Wisata Religi ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon"

  1. Prosesinya hampir sama dengan di Makam Sunan Kudus di Kudus kak, saya cuma lihat tapi gak ngikuti, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus masih bisa ngikuti, sy mah ke makam Sunan Kudus waktu kecil, malah sudah lupa mas..hihi

      Delete
  2. lahan parkirnya luas masih kosong
    Semoga bisa ziarah ke sana, tapi kalau ke Sunan Ampel sering banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn..semoga terlaksana ya mas..kalau kesini bisa sy usahakan ditemani salah satu org keraton, biar lancar perjalanan ziarahnya..hehe

      Delete
  3. Dari yang sering saya tonton di tivi, Makam Sunan Gunung Jati memang banyak orang yang ziarah.

    Sosok Sunan gunung Jati semasa hidupnya banyak menebar kebaikan, sehingga tidak heran sampai sekarang banyak orang yang mengenangnya dan meziarahi kuburannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas...setiap sy kesana selalu ramai terus ..Alhamdulillah

      Delete
  4. Surprise baca artikel kak Desi kali ini.. kali ini wisata ziarah.
    Semoga membawa berkah kebaikan dan teladan buat kak Desi dan keluarga, Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn YRA..mksh banyak doanya..sy doakan yg sama buat mas Himawan dan keluarga.

      Haha..lagi cuti mendaki nih mas..jadi jalan2 ditempat yg datar2 aja sekarang mah :D

      Delete
    2. Sami-sami,kak Desi cantik ☺.

      Cerita trekking di gunung atau di tempat datar yang kak Desi lakukan, semuanya oke disimak.
      Ditunggu cerita berikutnya,kak.

      Delete
    3. Haha..ceritanya banyak tapi jarang ada kesempatan buat nulisnya mas...makanya salut buat mas himawan yg sering traveling dan bisa sering update artikel menarik.

      Delete
  5. Amin ya robbal alamin kak Dessi, wah sekarang postingannya bukan tentang pendakian yaa.. tapi tentang wisata ke makam leluhur. Benar sekali apa kata ka Desi, ketika mengunjungi makan leluhur memang harus niat yang baik2 mendoakan, bukan untuk meminta yang engak2 alias musyrik yang mengurangi pahala kita untuk ibadah ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy lagi repot urus anak2 mba vika, anak paling besar tinggal sama neneknya lagi butuh perhatian, adik2nya tiga org lagi menghadapi ujian nasional semua..konsen urusin sekolah anak dulu, pusing pala berbie..hwahwa, jadi libur mendaki deh..hehe.

      Itulah dia mba..kadang ziarah masih ada aja org meminta yg engga2, meminta tetap pada Allah bukan pada org yang meninggal tentunya :)

      Delete
  6. Woalah yang receh-receh itu belum bisa ditertibkan juga ternyata. Saya dulu kesana juga sempat dibuatnya tidak nyaman. Bagaimana bisa menikmati keindahan dan merasakan kesenangan bisa harus receh-receh segala. Kan lebih baik, tiket masuknya berapa dan bereslah sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah bagaimana lagi cara menertibkannya, menurut teman sy yang dari keraton mereka sudah dikasih arahan..ga lama kemudian muncul lagi, apalagi agak memaksa..malah bikin kesel ya mas..

      Delete
    2. Kurang bisa menikmati wisata, sehingga terasa terganggu.

      Delete
  7. Gua juga suka wisata religi, dari wisata religi kayak gini gua lebih sering mengingat mati dan mempelajari akhlak para orang-orang sholeh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa mampir kemakam Sunan Gunung Jati kalau ke Cirebon ya mas..
      Sy pun mengalami hal yg sama..banyak hikmah yg didapat :)

      Delete
  8. Replies
    1. Betul bang Hanafi...walaupun sangat banyak makam2 kuno namun tempatnya indah dipandang..jangan lupa mampir jika main ke Indonesia ya :)

      Delete
  9. Pinggiran pas pintu keluar gunung jati bisa belanja berbagai kebutuhan teruta yang berhubungan dengan ibadah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..betul..betul..area belanjanya termasuk lengkap, berbagai macam kebutuhan ibadah, souvenir, dan oleh2 ada disana mba

      Delete
  10. Makam Sunan begini pasti rame banget. Apalagi pas Ramadan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy pernah kesana dibulan Ramadhan..wuihhh rame banget, malah ga konsen ziarahnya..hehe.
      Kemaren pun rame padahal hari biasa.

      Delete
  11. Nggak tau kenapa, setiap wisata relegi yg berhubungan dg makam. Aku tu kaya pengin nangis di pojokan, seolah kematianku udah di ujung mata :(
    Btw, aku dulu ikut mbah putri bersama rombongan pengajian pernah ziaroh ke sini. Tp saat itu aku masih SMP, lupaw inget sih kondisi di lokasi sprti apa. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sama mba ella..suka tiba2 pengen nangis..hehe.
      Hayu atuh kapan2 kesini lagi..kalau menurut sy dulu dan skrg ada perubahan, lebih bagus skrg tempatnya.

      Delete
  12. Kalau ke tempat2 ziarah seperti ini, kita lebih untuk mendoakan dan mengenal sejarah dan budayanya aja sih ya. Ngomong2, agak malas juga kalau yang minta sumbangannya bahkan sampe ngikut2in.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba nita..senang bisa mendokan dan melihat2 sejarahnya, tapi kadang niat kesana mau ibadah dan menikmati malah dibikin kesal sama peminta2 sumbangan.

      Delete
  13. Syahdu ya... berkunjung ke makam selain untuk berziarah dan mengingat mati.

    tapi saya kok, terganggung dengan banyaknya kotak amal di gambar. apakah tidak ada pihak yang mengelolauntuk menertibkan.

    terus nanti uangnya mereka kemanain? #kepo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syahdu banget mas..apalagi bisa ke pintu 9 yg jarang ada peziarah jadi bisa lbh khusyu.

      Yg sy denger sih sdh beberapakali ditertibkan tapi muncul lagi muncul lagi itu sumbangan.
      Dan katanya uang ada yg utk pihak keraton dan ada yg utk perawatan dan pemeliharaan..ga tau mana yg benarnya, kalo mmg seperti itu sebaiknya pakai tiket aja biar tertib kali ya

      Delete
  14. TORES4D.COM
    SELAMAT DATANG DI TORES4D BANDAR TOGEL DAN LIVE CASINO AMAN DAN TERPERCAYA SE-INDONESIA

    `1. BONUS NEW MEMBER !!!
    `2. PROMO PRIZE 1,2.3 DI PASARAN YANG ADA DI TORES4D.COM
    `3. BONUS REFFERAL 1% (SEUMUR HIDUP)

    Ayo gabung sekarang bersama kami di TORES4D

    Link >> tores4d.com
    Link Alternatif >> www.tores4d.net atau www.tores303.com
    Pin BBM : 7B2BDC96
    Telepon/ WA : +62 812 8908 6161
    LIVECHAT : www.tores4d.com

    ReplyDelete
  15. TORES4D.COM
    SELAMAT DATANG DI TORES4D BANDAR TOGEL DAN LIVE CASINO AMAN DAN TERPERCAYA SE-INDONESIA

    `1. BONUS NEW MEMBER !!!
    `2. PROMO PRIZE 1,2.3 DI PASARAN YANG ADA DI TORES4D.COM
    `3. BONUS REFFERAL 1% (SEUMUR HIDUP)

    Ayo gabung sekarang bersama kami di TORES4D

    Link >> tores4d.com
    Link Alternatif >> www.tores4d.net atau www.tores303.com
    Pin BBM : 7B2BDC96
    Telepon/ WA : +62 812 8908 6161
    LIVECHAT : www.tores4d.com

    ReplyDelete
  16. TORES4D.COM
    SELAMAT DATANG DI TORES4D BANDAR TOGEL DAN LIVE CASINO AMAN DAN TERPERCAYA SE-INDONESIA

    `1. BONUS NEW MEMBER !!!
    `2. PROMO PRIZE 1,2.3 DI PASARAN YANG ADA DI TORES4D.COM
    `3. BONUS REFFERAL 1% (SEUMUR HIDUP)

    Ayo gabung sekarang bersama kami di TORES4D

    Link >> tores4d.com
    Link Alternatif >> www.tores4d.net atau www.tores303.com
    Pin BBM : 7B2BDC96
    Telepon/ WA : +62 812 8908 6161
    LIVECHAT : www.tores4d.com

    ReplyDelete
  17. TORES4D.COM
    SELAMAT DATANG DI TORES4D BANDAR TOGEL DAN LIVE CASINO AMAN DAN TERPERCAYA SE-INDONESIA

    `1. BONUS NEW MEMBER !!!
    `2. PROMO PRIZE 1,2.3 DI PASARAN YANG ADA DI TORES4D.COM
    `3. BONUS REFFERAL 1% (SEUMUR HIDUP)

    Ayo gabung sekarang bersama kami di TORES4D

    Link >> tores4d.com
    Link Alternatif >> www.tores4d.net atau www.tores303.com
    Pin BBM : 7B2BDC96
    Telepon/ WA : 0852-812-8908-6161 / +855-9925-3193
    LIVECHAT : www.tores4d.com

    ReplyDelete